10 Tips Mendesain Flyer yang Kece dan Menarik

Flyer merupakan lembaran tunggal yang digunakan untuk menarik perhatian publik  atau masyarakat terhadap suatu acara, produk atau jasa. Di tengah masyarakat flyer mungkin lebih akrab dengan sebutan selebaran.

Dimanakah kita bisa menemukan flyer? flyer biasanya dibagikan kepada orang-orang yang sedang berjalan baik itu di pinggir jalan, di sebuah pameran atau tempat-tempat umum.

Karena bentuknya merupakan lembaran tunggal, maka flyer harus dibuat semenarik mungkin.

Untuk itu verdant.id akan memberikan tips dalam mendesain flayer agar terlihat menarik dan kece tentunya.

  1. Cari dan Kumpulkan informasi.

Sebelum mulai mendesain, sebaiknya kamu cari dan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait tema flyer yang akan dibuat. Ada banyak website yang memuat contoh flyer, sehingga bisa menjadi inspirasi untuk membuatnya lebih menarik lagi.

2. Pahami pesan yang ingin disampaikan.

Pahami terlebih dahulu informasi atau pesan yang ingin disampaikan agar tidak bertele-tele. Sehingga pesan tersampaikan dengan baik.

3. Pemilihan kata-kata untuk judul flyer.

Selanjutnya adalah perhatikan judul flyer, karena judul memiliki peranan penting dalam menarik perhatian pembaca. Jika judulnya saja tidak menarik, mungkin target pembaca enggan untuk membacanya isinya.

Tipsnya buat judul yang singkat langsung pada poinnya, pilih kata-kata yang mudah diingat orang, unik, atau sesuatu yang tak biasa.

4. Tentukan jenis dan ukuran huruf yang sesuai.

Menentukan jenis dan ukuran huruf merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan ketika akan mendesain flayer. Karena sangat menentukan apakah flyer yang dibuat bisa dimengerti pembaca atau tidak.

Sebaiknya kamu jangan menggunakan kata-kata yang terlalu unik, karena tingkat keterbacaannya rendah.

5. Mengatur layout dan komposisi ukuran yang tepat.

Jika kamu mengatur layout atau tata letaknya dengan benar, tulisannya akan terlihat lebih rapi. Untuk judul dan gambar komposisinya lebih besar daripada yang lain. Mengapa demikian? karena akan menarik orang untuk membacanya.

6. Tentukan fokus utama.

Tentukanlah bagian mana yang akan difokuskan. Jika menggunakan gambar fokuskanlah pada gambar. Tetapi jika dalam flyer tidak ada gambar maka fokuskan pada Judul.

7. Tentukan warna dan gambar yang menarik.

Jika flyer yang kamu buat ingin terlihat menarik, maka gunakanlah warna-warna cerah sehingga pembaca akan lebih tertarik untuk membaca flayer kamu.

Usahakanlah jangan menggunakan warna-warna gelap, karena warna ini akan membuat suatu objek lebih berat.

8. Sasaran pembaca.

Sebelum membuat flyer, terlebih dahulu kamu harus mengetahui target pembacanya. Sehingga gaya bahasa flyer bisa disesuaikan dan tepat sasaran.

Baca juga: 4 Software Sebagai Penunjang Profesi Desainer Grafis

9. Gunakan kertas yang bagus.

Penggunaan kertas ketika akan mencetak flyer juga tak kalah penting. Ini akan menentukan kualitas flyer yang dibuat.

10. Jangan lupa periksa kembali sebelum di cetak.

Sumber: Tecsignic, Idseduction, Prinzio.

DKV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!