5 Software untuk Membuat Animasi 2D

Animasi, sebuah kata yang tampaknya sudah tak asing ditelinga. Ya, sedari kecil biasanya kita disuguhkan dengan tontonan animasi 2D. Namun pernahkan berfikir bagaimana cara membuat animasi tersebut, atau menggunakan software apa sehingga bisa menghasilkan gambar yang bagus.

Nah, kali ini verdant.id akan menjawab rasa penasaran kalian. Yuk langsung saja pada pembahasan 5 macam software yang digunakan untuk membuat animasi 2D.

  1. Adobe Flash

Adobe Flash merupakan salah satu software terbaik untuk membuat gambar 2D. Hasil dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama actionscript yang muncul pertama kali pada flash 5.

2. Pencil 2D

Pencil 2D merupakan software untuk membuat animasi 2D dengan mudah. Mengapa bisa dikatakan mudah? karena menu didalamnya sedikit sehingga bisa memudahkan para penggunanya.

Fitur utama dari Pencil 2D ini di antaranya untuk mengatur frame rate, impor gambar, impor suara, menyisipkan warna dan lainnya.

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis, namun perlu pengorbanan dengan komputer yang akan kita gunakan. Karena software ini hanya akan support terhadap komputer yang memasang VGA eksternal.

3. Synfig Studio

Baca juga: http://verdant.id/dkv/4-software-sebagai-penunjang-profesi-desainer-grafis/

Synfig studio merupakan software yang memiliki banyak fitur berkualitas dan memudahkan para penggunanya. Sehingga di sini animator tidak perlu lagi membuat gambar frame by frame agar lebih cepat. Karena software ini sudah menyediakan fitur geometris, gradient, filters, distorsi, transformasi dan lainnya.

Tampilan utamanya dibagi menjadi empat jendela di antaranya, tools window, navigator window, editing window dan parameter window.

4. Tupi Open 2D Magic

Tupi Open 2D Magic merupakan software untuk membuat animasi 2D dengan penggabungan gambar secara manual atau frame by frame.

Berbicara mengenai kelebihan, software ini memiliki kelebihan dalam fitur pembuatan warna gelap dan terang tampak jelas sehingga bisa diaplikasikan pada gambar lebih detail. Selain itu juga dapat mengekspor animasi untuk berbagai gambar dan file video seperti flash video, MPG, AVI, PNG array, JPG array dan lainnya.

5. Anime Studio

Nah, kalau yang ini cocok untuk kalian pecinta anime, karena software ini dirancang untuk menggambar dan membuat video anime.

Sumber: Grafis media, Download software, Flash.

DKV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!