Cara Membuat Company Profile Yang Menarik

Anda ingin merintis sebuah usaha? atau bahkan sudah memiliki perusahaan? Dalam sebuah dunia usaha pastinya anda membutuhkan sebuah media untuk memberikan gambaran mengenai perusahaan atau mempromosikan kegiatan usahanya. Ya, media tersebut bernama company Profile atau biasa disebut juga comprof.

Tujuan Company Profile

Tujuan pembuatan comprof biasanya untuk mendekati lingkup segmen pasar baru yang penting dalam pertumbuhan bisnis suatu perusahaan. Selain itu jika anda sedang mencari dana, pelanggan, atau ingin memperluas jaringan bisnis tentunya comprof ini sangatlah berpengaruh.

Fungsi

Fungsi dari sebuah company profile adalah selain untuk memuat gambaran umum sebuah perusahaan, juga sebagai media representasi, tools marketing, pelengkap ketika akan mengajukan proposal dan tentunya sebagai media untuk branding serta publikasi.

Kini, comprof tak hanya dalam bentuk cetak tetapi bisa juga dalam bentuk digital. Dalam bentuk cetak biasanya berupa brosur atau buku sedangkan dalam bentuk digital yaitu website, CD/DVD, file PDF. Namun sampai saat ini dalam bentuk cetak tampaknya masih menjadi favorit.

Jadi kita bisa simpulkan bahwa comprof ini sangatlah penting dimiliki oleh sebuah perusahaan. Nah pertanyaannya bagaimana cara membuat company profile yang baik dan menarik. Yuk langsung simak ulasannya di sini.

Isi Company Profile

Cover depan

Cover depan berisi nama dan logo perusahaan, karena inilah yang menjadi ciri/identitas perusahaan. Logo bagi perusahaan dapat mewakili visi dan citra produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu logo salah satu elemen yang selalu ditampilkan di bagian depan.

Sejarah Berdirinya Perusahaan

Sejarah berdirinya perusahaan ditampilkan untuk memberikan gambaran kepada pihak lain tentang landasan dan dasar perusahaan ini berdiri. Secara rincinya bagian ini berisi mengenai latar belakang berdirinya perusahaan. Mencakup kapan berdirinya, siapa pendiri, jajaran direksi dan siapa yang terlibat di dalamnya.

Visi dan Misi

Visi dalam sebuah comprof sangatlah penting yaitu untuk memberikan gambaran pada klien tentang cita-cita besar yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka panjang. Sedangkan misi yaitu memberikan  informasi terkait  upaya yang sudah dan akan terus dilakukan oleh  perusahaan untuk mencapai visi tersebut.

Kegiatan Perusahaan

Kegiatan perusahaan ini merupakan poin penting yang harus ada dalam sebuah comprof. Karena inilah salah satu tujuan dalam pembuatan comprof, yaitu mengenalkan produk perusahaan.

Kegiatan ini meliputi: produk yang ditawarkan, produk di sini bisa berupa barang atau jasa. Berikan deskripsi secara lengkap mengenai kegunaan produk, keunggulannya dibandingkan dengan perusahaan lain yang menawarkan produk yang sama.

Portofolio perusahaan, bagian ini berisi pengalaman-pengalaman perusahaan dalam menangani pekerjaan. Prestasi yang pernah dicapai dan daftar klien yang pernah ditangani.

Gallery Foto (Optional)

Tambahkan foto-foto sebagai pendungkung. Hal ini dilakukan agar klien bisa mengetahui kegiatan perusahaan.

Kepada Siapa Compof Ditujukan

Hal yang tak boleh luput dari perhatian anda adalah kepada siapa comprof ini ditujukan. Karena beda audience tentu saja informasi yang dicantumkan juga berbeda.

Misalnya, comprof yang ditujukan kepada konsumen/ klien tetap pasti berbeda dengan yang ditujukan kepada investor. Oleh karena itu anda harus mengetahui dahulu target comprof sebelum membuatnya.

Cover belakang

Cover belakang ini berisi alamat perusahaan, nomor telepon, email dan lain-lain.

Setelah anda mengetahui fungsi, tujuan dan konten yang harus ada dalam sebuah comprof. Sekarang elemen pendukung yang perlu anda ketahui agar comprof yang dibuat terlihat lebih menarik.

Desain Grafis

 

Anda bisa menambahkan elemen desain grafis dan grafik dalam tampilan profil perusahaan yang anda buat. Karena representasi visual dapat menunjang klien yang potensial lebih mengerti. Selain itu bisa menambahkan kredibilitas pada perusahaan anda.

Sumber: Radhit. Karinov, Detikdigital. Webbisnis.

DKV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!