Color Wheel: Alat Bantu Untuk menentukan Kombinasi Warna

Ketika kita membuat suatu desain, salah satu hal yang paling penting adalah menentukan kombinasi warna. Nah, di sini kita dapat menggunakan alat bantu yang dinamakan color wheel.

Taukah Anda Color Wheel?

Color Wheel (Roda Warna)

Color Wheel atau roda warna ini dapat membantu dalam menentukan warna. Beberapa professional dapat memilih warna menggunakan insting mereka. Jika kita amati kombinasi yang mereka buat hasilnya tidak berbeda jauh dengan menggunakan color wheel. Hanya saja mereka yang membuat dengan menggunakan insting dibutuhkan pengalaman bertahun tahun untuk mengasah insting tersebut.

Jika kita ingin melatih kepekaan insting terhadap kombinasi warna. Kita dapat melatihnya menggunakan color wheel.

Di bawah ini adalah beberapa cara umum untuk memadukan warna menggunaka color wheel :

Kombinasi warna berdekatan (Analogous)

Kombinasi warna yang satu ini adalah yang paling harmonis, skema warna ini sering ditemukan di alam. Kombinasi ini terletak di kedua sisi dari warna tertentu, caranya adalah pilih satu warna dan ambil warna yang berdekatan dengan warna tersebut. Atau jika memilih 3 warna, pilih salah satu warna dan ambil 2 warna yang berdekatan dengan warna tersebut dan tentukan persentase warna yang akan diigunakan agar terlihat lebih harmonis.

Kombinasi warna Pelengkap (Complementary)

Warna ini memiliki tingkat kontras yang tinggi, karena warna diambil secara berhadapan atau bertolak belakang pada color wheel. Pilih satu warna, kemudian ambil satu warna yang berhadapan atau bertolak belakang dengan warna tersebut.

Kombinasi warna pelengkap terpisah (Split complementary)

Warna ini merupakan variasi dari kombinasi warna pelengkap. Kombinasi ini membuat kesan kontras pada disain. Namun tidak seekstrim kombinasi complementary. Kombinasi ini juga menghasilkan harmoni yang lebih besar dari pada penggunaan kombinasi warna complementary secara langsung. Pilih satu warna complementary dan dua warna yang berdekatan dengan salah satu warna berlawanan  yang di hilangkan. Sehingga kombinasi warna menyerupai huruf Y.

Kombinasi warna Triadic

Kombinasi ini adalah kombinasi tiga warna yang berjarak sama. Jika di padukan, kombinasi warna triadic cenderung memiliki kesan semangat. Menggunakan kombinasi ini  paling tepat bila kita ingin pakai warna-warni namun tetap seimbang. Kombinasi warna triadic ini memiliki jarak warna yang sama. Pilih salah satu warna, kemudian berikan jarak 3 warna sebagai pemisah pada masing-masing warna tersebut. Sehingga akan membetuk segitika sama sisi.

Sumber: Moco.co.id

DKV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!