Intip 7 Software Animasi 3D yang Digunakan Animator

Software pengolahan animasi 3D merupakan salah satu software wajib yang harus dimiliki oleh seorang animator. Namun bukan hanya untuk animator profesional saja, kamu juga sebagai pemula yang ingin belajar membuat animasi atau sekedar hobi membuat animasi 3D bisa menggunakan software-software ini.

Banyak software animasi 3D yang bisa kamu gunakan. Beberapa di antaranya ada yang berbayar, tapi ada pula yang gratis. Dari pada kebingungan langsung saja verdant.id akan bahas software-software yang biasanya digunakan untuk membuat animasi 3D.

  1. Autodesk Maya

Taukah anda animasi Upin dan Ipin? Menurut wikipedia perangkat lunak inilah yang digunakan dalam proses pembuatan. Jadi secara ringkasnya Autodesk Maya merupakan sebuah software yang biasa digunakan untuk pembuatan 3D modeling/animasi.

Maya ini terbilang lebih mudah dibandingkan dengan perangkat 3D lain. Itulah yang menjadi salah satu kelebihannya. Selain lebih mudah Maya juga memiliki kemampuan untuk kerajinan objek 3D custom.

2. Autodesk 3Ds Max

Autodesk 3Ds Max atau biasa juga disebut 3Ds Max merupakan sebuah perangkat lunak grafik vektor 3 dimensi dan animasi. Sampai saat ini 3Ds Max masih banyak digunakan karena memiliki beberapa kelebihan di antaranya seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit serba bisa dan arsitektur plugin yang banyak.

3Ds Max ini juga memiliki 5 jenis metode modeling yaitu Primitif Modelling, NURMS, Surface Tool, NURBS, dan Polygon Modelling.

3. Autodesk Softimage

Autodesk Softimage merupakan software yang berfungsi untuk memproduksi grafis 3D, permodelan 3D, dan animasi komputer. Biasanya digunakan dalam pembuatan film video game, dan iklan industri untuk menciptakan karakter, benda dan lingkungan.

4. Lightwave

Lightwave ini merupakan software 3D yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika bernama Commodore Amiga. Penggunaan software ini untuk pembuatan film, grafis animasi, lukisan mate digital, efek visual, pengembangan video game, desain produk, visualisasi arsitektur, video musik dan iklan.

5. Blender

Blender merupakan aplikasi open source yang populer. Walaupun demikian, Blender memiliki kualitas yang cukup baik dalam pembuatan grafik 3D.

Lalu apa saja yang bisa dibuat dalam software ini? banyak di antaranya pembuatan objek 3D, pembuatan animasi 3D sampai pembuatan game 3D.

Jika anda sebagai pemula dalam menggunakan Blender, tak perlu khawatir, banyak tutorial yang bisa kalian tonton di Youtube. Karena Blender ini didukung oleh komunitas yang besar sehingga tutorial video nya juga banyak tersebar di dunia maya.

Baca juga: 5 Software untuk Membuat Animasi 2D

6. Cinema 4D

Cinema 4D merupakan software permodelan 3D, animasi, motion graphics dan aplikasi render yang dikembangkan oleh Maxon di Jerman. Fitur yang dimiliki oleh Cinema 4D yaitu, fitur animating, lighting, texturing, rendering dan lainnya.

7. Zbrush

Alat pemahat digital yang menggabungkan permodelan, tekstur dan lukisan 3D atau 2.5D. Zbrush ini menggunakan teknologi pixol ekslusif yang menyimpan pencahayaan, warna, material dan informasi mendalam untuk semua objek di layar.

Sumber: Plimbi.com, Tekno10terbaik.

DKV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!