Memilih Tipografi Yang Menarik Pada Poster

Saat ini, masyarakat mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah poster. Terutama bagi masyarakat perkotaan. Mengapa demikian? Karena poster bisa dijumpai dengan sangat mudah, misalnya saja di Mall, persimpangan jalan bahkan hingga pinggir jalan gang pun kita dapat menemukannya.

Namun dari sekian banyaknya poster yang dijumpai, tak semuanya terlihat menarik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan poster tidak menarik perhatian masyarakat luas, salah satunya adalah dari segi tipografi.

Apa Itu Tipografi?

Tipografi berasal dari kata “Typohs” dan “Graphos” yaitu satu ilmu tentang memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebaran pada ruang-ruang yang teredia. Hal itu dilakukan untuk menciptakan kesan tertentu dan juga membuat pembaca merasa nyaman untuk menyerap informasi semaksimal mungkin. Sehingga informasi dari tulisan dapat tersampaikan dengan sangat baik secara visual kepada pembaca.

Lalu kira-kira bagaimana membuat tipografi yang menarik perhatian pembaca? berikut ini penjelasan menentukan tipografi yang menarik pada poster

Jarak Antar Huruf

Jangan membuat jarak huruf terlalu renggang karna membuat mata pembaca cepat lelah. Tetapi jangan terlalu sempit juga karena akan membuat tingkat keterbacaan sangat rendah. lalu bagaimana seharusnya? Buatlah jarak huruf yang pas dan secukupnya sesuai dengan jenis font yang di pakai.

Jenis Font

Font atau jenis huruf yang digunakan harus yang bisa mengkomunikasikan mengenai maksud dari poster. Setiap font bisa membuat kesan yang berbeda. Contohnya jenis font Roman, kesan yang timbul dari jenis huruf ini adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin. Berbeda dengan font jenis Egyptian yang menimbulkan kesan kokoh, kuat, kekar dan stabil.

Jenis font ini patut untuk diperhatikan oleh para desainer grafis yang akan membuat poster. Sudah sesuaikah jenis font yang digunakan dengan tema poster yang akan di buat? Selain itu hindari juga penggunaan jenis font yang terlalu banyak pada sebuah desain, karna akan membuat pembaca tidak nyaman. Sebaiknya gunakanlah maksimal 3 jenis font pada 1 desain.

Ketebalan dan Ukuran

Pengaturan ketebalan dan besar pada tipografi dapat menunjukan, bagian manakah yang paling penting dan ingin ditonjolkan. Sehingga tujuan utamanya bisa tersampaikan.

Jarak Antar Spasi

Tentukan jarak yang sesuai agar mata para pembaca tidak cepat lelah ketika membaca paragraf yang panjang.

Warna

Sebaiknya anda menentukan warna yang menarik dan harmonis sehinga tidak membuat mata sakit.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika akan membuat poster. Agar bisa menarik perhatian masyarakat luas dan pesan tersampaikan dengan baik.

Baca juga: Cara Membuat Company Profile Yang Menarik

Sumber: Cerita desain, Uprint.

DKV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!