Sub Profesi dari Desain Komunikasi Visual

Kamu masih bingung saat menentukan jurusan kuliah nanti? Tapi kamu suka desain karakter, desain website atau hal-hal kreatif lainnya? Atau bahkan kamu mempunyai bakat dibidang itu. Kini, tak perlu bingung, mungkin kamu bisa memperimbangkan untuk masuk jurusan Desain Komunikasi Visual.

Apa itu Desain Komunikasi Visual (DKV)? DKV adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan dengan tujuan persuasi atau untuk mempengaruhi.

Kini, jurusan Desain Komunikasi Visual sedang naik daun dan digandrungi oleh generasi milenial. Hal itu sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Setelah lulus kuliah nanti, peluang kerja di bidang ini juga sangat besar. Berikut ini Verdant.id akan mengupas sub profesi dari jurusan Desain Komunikasi Visual.

Okey langsung saja bahas satu persatu.

Editor

Editor merupakan cabang dari DKV yang khusus membuat cover, banner, brosur, logo, poster dan lain sebagainya atau yang berhubungan dengan media publikasi. Hal itu, karena media publikasi ini tentu saja membutuhkan jasa editor agar tampilannya terlihat lebih menarik perhatian.

Adapun software yang harus dikuasai oleh seorang editor adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Freehand dan adobe Ilustrator.

Pada dasarnya seorang editor ini memiliki peran yang signifikan dalam dunia publikasi dan periklanan.

Layouter

Layouter merupakan desainer yang khusus untuk membuat layout atau tata letak misalnya saja buku, buletin, Tabloid, majalah hingga koran. Peran layouter ini adalah membuat tampilan suatu produk terlihat lebih eye catching.

Art Director

Era digital seperti sekarang ini pasti anda pernah melihat gambar atau photo yang memiliki efek yang berbeda. Gambar atau photo tersebut telah diberikan sentuhan seni yang sangat apik oleh Seorang art director. Nah, untuk menjadi seorang art director ini diperlukan kreativitas seni yang tinggi.

Software yang harus dikuasai meliputi Photoshop, Corel Draw, Photo Pain dan Art Creator.

profesi ini sangat dibutuhkan dalam dunia perfilman, foto editing effects dan seniman visualisator.

Fotografer

Fotografer merupakan salah satu cabang dari DKV yang saat ini sangat di sukai oleh generasi milenial. Namun tunggu dulu, menjadi seorang fotografer tugasnya tak hanya mengambil gambar saja, tetapi juga harus bisa juga melakukan editing sederhana. Misalnya saja mengatur tingkat komposisi warna, kecerahan dan ketajaman suatu objek agar menghasilkan cetakan gambar yang bagus.

Animator

Cabang dari DKV lainnya adalah animator. Desainer ini khusus bekerja pada bidang motion graphic, film fantasi atau iklan. Seseorang yang menekuni bidang ini harus memiliki pengetahuan yang luas dan tentunya jam terbang yang tinggi.

Software yang harus dikuasai oleh seorang animator adalah Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effect, 3D Maya, Gif Animator, dan Corel Rave.

Profesi animator ini tentunya dibutuhkan dalam dunia broadcasting pertelevisian.

Visualisator

Desainer ini memiliki tugas untuk membuat suatu objek atau produk terlihat lebih real. Atau dalam kata lain membuat suatu produk/objek dalam bentuk 3D sehingga terkesan realistis. Bentuk 3D ini sangat diperlukan ketika kita akan melakukan presentasi suatu produk.

Seorang visualisator harus menguasai software 3D Max, Autocad, Swift 3D, dan Digital Clay

Video Editor

Seorang video editor memiliki lingkup pekerjaan untuk mengedit video dan film. Selain itu biasanya merangkap juga sebagai video Shooter.

Adobe After Effects, 3D Maya, Adobe Premiere, Sony Vegas, Ulead Video Studio dan Pinneacle, software-software itulah yang harus dikuasai oleh video editor.

Web Desainer

Web Desainer ini adalah seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu website. Desainer inilah yang memiliki tugas untuk mempercanti tampilan website.

Itulah beberapa sub profesi dari desainer grafis. Banyak ternyata, so seorang desainer grafis tak hanya sekedar bertugas untuk membuat media publikasi saja.

Sumber: Logique, Sicily News.

DKV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!

Terimakasih telah subscribe newsletter kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Verdant Creative Media will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.