Dua Sumber Pencahayaan di Dalam Ruangan

Pencahayaan merupakan suatu sumber cahaya yang dapat digunakan manusia untuk dapat melaksanakan aktivitas dengan efektif dan efisien pada suatau bidang kerja. Namun selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia saat menjalani aktivitas, pencahayaan juga dapat digunakan sebagai aksen atau untuk keindahan. Desain pencahayaan ruang yang baik akan sangat menampilkan ruangan yang estetik. Pada dasarnya sumber pencahayaan dibagi menjadi dua, yaitu pencahayaan alami atau biasa disebut dengan daylighting dan pencahayaan buatan atau artifical lighting.

Pencahayaan alami

Pencahayaan alami merupakan pencahayaan yang bersumber langsung dari cahaya matahari yang dapat digunakan sebagai sumber pencahayaan pada siang hari. Kelebihan dari pencahayaan ini adalah hemat biaya, tidak tergantung pada energi listrik serta tidak membutuhkan perawatan seperti pencahayaan buatan. Namun, pencahayaan alami ini intensitas cahaya nya tidak dapat diatur oleh manusia serta dapat menghasilkan hawa panas. Daylighting di dalam ruangan ini biasanya dapat diperoleh melalui pintu, jendela, dan juga skylight.

Pencahayaan alami yang baik bisa kita dapatkan dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 pada jam-jam tersebut terdapat cukup banyak cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Tingkat pencahayaan alami dalam ruangan ditentukan oleh tingkat pencahayaan langit pada bidang datar di lapangan terbuka pada waktu yang sama. Faktor yang dapat mempengaruhi sistem pencahayaan alami salah satunya adalah dari desain bukaan jendelanya

Orientasi bukaan jendela

Pencahayaan alami yang baik tidak terlepas dari peran cahaya yang masuk melalui jendela atau bukaan serta arah bukaannnya. Dalam artian semakin luas bukaan maka akan semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam suatu ruangan. Tetapi hal ini juga perlu diperhatikan secara baik karena orientasi arah bukaan yang lanhsung menghadap arah matahari dapat membawa hawa panas masuk ke dalam ruangan sehingga meningkatkan suhu ruangan.

Luas dan jumlah bukaan

Cahaya matahari yang masuk ke dalam suatu ruangan tidak terlepas dari ukuran besar bukaannya. Yang artinya semakin besar bukaan atau jendela maka semakin banyak cahaya dari luar yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu, jenis dan variasi tipe bukaan juga mempengaruhi cahaya matahari yang masuk ke dalam suatu ruangan

Pencahayaan buatan

Pencahayaan buatan merupakan sumber pencahayaan yang memanfaatkan teknologi buatan manusia berupa lampu untuk menggantikan sumber pencahayaan alami yang tidak bisa didapatkan pada malam hari. Pencahayaan buatan ini juga dapat digunakan pada siang hari pada area-area yang tertutup yang kurang atau tidak dapat diterangi oleh sumber pencahayaan alami. Kelebihan dari pencahayaan buatan ini adalah intensitas cahaya yang lebih stabil dan dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan aktifitas serta banyaknya pilihan warna yang bervariasi. Namun kelemahannya adalah bergantung pada energi buatan sehingga membutuhkan biasa serta memerlukan perawatan untuk sumber cahaya dan instalasinya. Secara pengaplikasiannya pencahayaan buatan iniĀ  dibagi menjadi tiga, yaitu:

General lighting

General lighting merupakan sumber pencahayaan buatan utama du dalam suatu ruangan. Pemasangan general lighting ini diletakkan di posisi tengan-tengah ruangan atau pada beberapa titik yang simetris yang berfungsi untuk dapat menerangi secara keseluruhan dalam ruangan tersebut.

Task lighting

Task lighting merupakan sumber cahaya buatan yang difokuskan kepada suatu area tertentu untuk menunjang aktifitas. Contohnya adalah lampu meja untuk membaca pada ruang tidur agar mata tidak lelah atau lampu yang ditempatkan dibawah counter table untuk menunjang aktifitas memasak di dapur.

Accent lighting

Accent lighting adalah sumber pencahayaan buatan yang berfungsi untuk menyorot atau memfokuskan pada suatu benda atau suatu bidang agar lebih terlihat. Pada umumnya accent lighting ini berfungsi untuk menyorot suatu artwork atau treatment tertentu suatu ruangan.

Untuk mendapatkan pencahayaan ruangan yang optimal, kita bisa memanfaatkan kedua jenis pencahayaan baik pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Maka dari itu diperlukan persiapan desain yang baik dalam pengaturan sumber cahaya yang akan digunakan di dalam suatu ruangan. Usahakan pada setiap ruangan terdapat bukaan berupa jendela atau bisa juga skylight yang mencukupi untuk dapat masuknya pencahayaan alami. Sehingga kita tidak perlu menggunakan pencahayaan buatan lagi, maka pencahayaan buatan hanya akan digunakan pada malam hari apabila pencahayaan alami pada pagi dan sore harinya dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai kebutuhan untuk beraktifitas. Dengan begitu pula kita akan dapat lebih menghemat biaya pengeluaran perbulan nya dengan menghemat energi listrik yang kita pakai.

Sumber: Academia, academia.edu, tekno.kompas.com

Interior

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!