Kenapa Harus Ada Taman Kota?

Taman Kota adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota.

Fungsi taman kota

Beberapa fungsi dari taman kota yang dapat dirasakan manfaatnya, sebagai berikut :

Taman Kota Sebagai Ruang Terbuka Hijau

Taman kota yang merupakan ruang terbuka hijau dapat berperan dalam membantu fungsi hidrorologi dalam hal penyerapan air dan mereduksi potensi banjir. Vegetasi pepohonan berfungsi sebagai resapan air ke dalam tanah, sehingga pasokan air dalam tanah (water saving) semakin meningkat dan jumlah aliran limpasan air juga berkurang yang akan mengurangi terjadinya banjir.

Fungsi Ekologi

Taman kota mempunyai fungsi ekologis yaitu sebagai penjaga kualitas lingkungan kota. Vegetasi pohon dengan banyak buah dan biji-bijian merupakan habitat yang baik bagi burung-burung untuk tinggal, sehingga dapat mengundang burung-burung untuk berkembang. Terkait dengan fungsi ekologis taman kota dapat berfungsi sebagai filter berbagai gas pencemar dan debu, pengikat karbon, pengatur iklim mikro.

Taman Kota Sebagai Fungsi Kesehatan

Taman kota yang penuh dengan vegetasi pohon sebagai jantungnya paru-paru kota merupakan produsen oksigen yang belum tergantikan fungsinya. Peran pepohonan yang tidak dapat digantikan yang lain adalah berkaitan dengan penyediaan oksigen bagi kehidupan manusia. Setiap satu hektar ruang terbuka hijau diperkirakan mampu menghasilkan 0,6 ton oksigen guna dikonsumsi 1.500 penduduk perhari. Serta membantu produktifitas pernafasan dan releksasi bagi pengunjung.

Baca juga : https://verdant.id/arsitektur/apa-itu-green-architecture/

Sarana Edukasi dan Rekreasi

Perkembangan masyarakat perkotaan dengan hiruk-pikuknya situasi perkotaan dan padatnya kendaraan dijalanan menjadikan tingkat stres yang sangat tinggi. Oleh karena itu, taman kota sebagai sarana berkumpul dan interaksi juga rekreasi pelepas penatnya kondisi perkotaan.

Estetika dan Landmark

Terpeliharanya taman kota dengan tatanan baik akan meningkatkan kebersihan dan keindahan lingkungan, sehingga akan memiliki nilai estetika sebuah taman kota.

Tidak hanya estetika, taman kota juga menjadikan suatu landmark (identitas) bagi suatu kota. Bagi sebuah kota landmark bukan hanya sebuah identitas saja, dengan adanya taman kota dapat membentuk wajah kota serta perilaku serta tatanan kota itu sendiri.

Baca juga : https://verdant.id/arsitektur/kontekstual/

Seberapa Pentingkah Taman Kota ?

Dilihat dari fungsi dan manfaat yang ditimbulkan, taman kota merupakan poin penting dalam perencanaan sebuah kota.
Karena selain berfungsi untuk menjaga kualitas lingkungan perkotaan yang padat aktivitas, taman kota juga dapat menumbuhkan rasa sosialis yang tinggi di dalam lingkungan perkotaan yang kini mengarah pada individualis.

Menumbuhkan rasa toleransi, tidak hanya terhadap sesama manusia melainkan terhadap mahkluk hidup lainnya. Taman yang baik juga merupakan cerminan kota dengan tingkat manusia yang baik pula. Manusia merupakan aspek penting dalam sebuah kota, sehingga kualitas manusianya juga akan mempengaruhi kualitas pada sebuah kota dan lingkunganya.

Sumber : Fungsi Taman Kota, Manfaat Taman Kota, Landmark Kota

Arsitektur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!

Terimakasih telah subscribe newsletter kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Verdant Creative Media will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.