Cara membuat video animasi di android tidak harus mengeluarkan biaya, anda hanya perlu mencari aplikasi di Play Store ponsel yang tepat sesuai kebutuhan. Video animasi sendiri dibagi menjadi beberapa kategori seperti 2D, 3D, dan lain-lain. Setiap aplikasi memiliki langkah-langkah yang berbeda, misalkan saja FlipaClip yang hanya perlu lima langkah saja.

Langkah-langkah menghasilkan animasi video dari FlipaClip     

Flipaclip merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat video animasi dengan menggunakan smartphone. Pengguna bisa belajar membuat beragam animasi sepuasnya tanpa beban biaya.

  1. Pertama, cari terlebih dahulu aplikasi FlipaClip di Play Store dengan fasilitas search yang ada. Setelah muncul, klik aplikasi dan unduh. Pastikan kapasitas RAM ponsel mempunyai space yang cukup sehingga tidak menghambat proses pengunduhan. Setelah berhasil terpasang, silahkan buka aplikasinya.
  2. Mulai buat animasi dengan menekan tombol merah (+). Masuk ke pengaturan yang berisi latar belakang, kualitas video, ukuran kanvas, dan frame setiap detik. Perlu diketahui bahwa nilai fps yang semakin tinggi akan membuat gerakan animasi lebih halus tetapi membutuhkan banyak frame. Klik ‘buat proyek’ setelah selesai mengatur semuanya.
  3. Tampilan untuk mulai menggambar animasi akan dimunculkan. Anda akan disuguhi beberapa tools yaitu pilihan kuas, penggaris, filter, penghapus, copy, teks, undo, dan sebagainya.
  4. Setelah itu, pengguna bebas membuat gambar animasi yang nantinya akan dijadikan menjadi sebuah film atau video. Asah kreativitas anda sesering mungkin. Jika ingin menyimpan hasil gambar, klik ikon di bagian pojok sebelah kanan (titik tiga).
  5. Akan ada enam pilihan yaitu pengaturan proyek, penayang frame, himpunan, kisi, tambah video, dan buat film. Klik pilihan ‘buat film’. Pilih langsung format animasi yang diinginkan dan beri nama file. Terakhir, tekan kotak merah ‘buat film’ yang ada di bagian bawah. Aplikasi secara otomatis akan memulai proses rendering. Tunggu sampai selesai.

Itulah lima langkah mudah membuat video animasi di android menggunakan FlipaClip. Sebenarnya Play Store memiliki banyak jenis aplikasi untuk membuat film animasi, anda bisa mencoba lainnya untuk mengembangkan kreativitas.

Verdant Studio Cilukba