Keberadaan jasa desain rumah dan pembuatan gambar imb semakin dicari oleh masyarakat yang ingin menghadirkan hunian yang menawan ataupun untuk kelengkapan ijin mendirikan bangunan. Gambar imb sendiri merupakan sebuah gambar yang sengaja dibuat sebagai salah satu syarat kelengkapan dalam pengajuan ijin mendirikan bangunan atau IMB.

Gambar imb ini sendiri bisa dikeluarkan oleh para arsitek ataupun konsultan perencanaan arsitektur. Keberadaan jasa tersebut memang sangat penting dan apabila ternyata bangunan yang dibuat tidak mempunyai gambar tersebut maka pihak arsitek bisa langsung menggambar ulang. Gambar IMB tersebut bisa terdiri dari gambar denah, gambar pondasi, skema air bersih, struktur, gambar site plan dan yang lainnya.

Bagaimana memilih jasa desain rumah dan pembuatan IMB yang tepat

  1. Ketahui tingkat profesionalitas arsitek rumah yang dipilih

Agar anda bisa mendapatkan jasa desain rumah dan pembuatan gambar IMB yang tepat maka langkah pertama adalah dengan mencaritahu bagaimana  tingkat profesionalitas arsitek yang dipilih. Untuk mengetahuinya, sebaiknya  kumpulkan informasi penting berkaitan dengan arsitek tersebut.

Membandingkan antar jasa arsitek juga sangat penting terutama untuk mengetahui apa saja fasilitas yang ditawarkan. Sebaiknya pilih arsitek yang menawarkan fasilitas sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

  1. Mampu memahami desain rumah yang dibutuhkan

Desain interior rumah memang tidak boleh anda remehkan begitu saja. Desain interior rumah yang tertata dengan rapi tentu akan membuat penghuni bahkan tamu yang datang betah berada didalamnya. Jika menggunakan jasa arsitek, pastikan apabila mereka mengetahui bagaimana desain rumah yang dibutuhkan setiap kliennya. Ada banyak desain arsitektur rumah yang bisa dipilih mulai dari minimalis, modern, kontemporer dan masih banyak lagi.

  1. Komunikatif

Selain itu, jasa yang komunikatif tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi para klien. Inilah mengapa pentingnya untuk mengetahui apakah jasa desain rumah dan pembuatan gambar imb tersebut mempunyai sifat yang baik ataukah buruk dalam memberikan setiap pelayanan kepada para klien. Selain itu, usahakan mereka juga memiliki sikap yang ramah.

  1. Mampu membuat gambar imb yang jelas dan baik

Bahan pertimbangan  lainnya yang wajib anda perhatikan adalah pastikan apabila jasa yang anda pilih tersebut mampu membuat gambar imb dengan detail yang bagus dan jelas. Tak hanya itu saja, pastikan jasa yang anda pilih juga mampu memahami apa yang anda butuhkan tersebut.

  1. Harga dan kualitas sebanding dengan kemampuan desain

Bahan pertimbangan selanjutnya adalah pastikan jika jasa yang dipilih mempunyai harga yang sesuai dengan kualitas hasilnya nanti. Harga memang menjadi bahan pertimbangan yang cukup penting apabila hendak melakukan kerja sama dengan arsitek. Selain itu pastikan juga apabila harga tersebut sesuai dengan dana yang dimiliki

Manfaat 

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan penggunaan arsitek untuk mendesain rumah berserta interior dan gambar imb. Pertama dengan keberadaan imb maka seseorang memang mempunyai kekuatan hukum dimana dilindungi oleh hukum. Hal inilah yang membuat bangunan yang anda miliki tidak mudah digusur begitu saja.

Tak hanya itu saja, apabila bangunan yang anda miliki tersebut sudah dilengkapi dengan IMB maka bisa digunakan sebagai asset ataupun dijadikan sebagai agunan ketika melakukan pinjaman dan manfaat yang terakhir adalah keberadaan imb akan memberikan nilai peringkatan ekonomis tersendiri.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keberadaan jasa desain  rumah dan pembuatan gambar imb memang sangat penting. Walaupun demikian, siapapun juga wajib untuk berhati-hati dalam mencari jasa tersebut. Tidak semua jasa bisa dipercaya begitu saja. Demikian informasi penting yang bisa anda jadikan sebagai pengetahuan.