Verdant.id – Bekerja di ruangan kantor yang memiliki desain interior menarik dan nyaman tentunya impian bagi setiap para pekerja kantoran. Karena sedikit banyaknya hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja dan produktivitasnya dalam bekerja.

Nah bagi para pemilik sebuah usaha/ perusahaan, ketika akan membuat desain interior kantor ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut ini. Agar desain interior sesuai dengan kebutuhan kantor dan nyaman digunakan para karyawannya.

Berikut beberapa tips dalam mendesain interior kantor:

1. Kebutuhan Ruang Kerja

Pertama, kenali tingkat kebutuhan ruang kerja dalam kantor tersebut. Dikarenakan setiap kantor pastinya memiliki tingkat kebutuhan akan ruangan yang berbeda-beda tergantung pada bidang apa kantor tersebut bergerak. Misalnya desain interior kantor konveksi tidak akan sama dengan desain interior jasa konsultan desain atau kontraktor.

 2.  Referensi dan Inspirasi desain interior kantor

Dalam mendesain interior kantor, referensi dan inspirasi merupakan salah satu hal yang memegang peranan penting. Karena dari langkah inilah datang ide-ide yang bisa diaplikasikan. Dari mana referensi dan inspirasi itu didapatkan? Dewasa ini sangatlah mudah, anda bisa mendapatkannya melalui internet atau majalah. Tetapi Jika tidak juga menemukan titik terang anda bisa berkonsultasi dengan jasa konsultan desain interior.

3.  Pemilihan furniture kantor

Setelah menentukan desain interior kantor, selanjutnya anda memilih jenis furniture yang akan dipakai. Ada beberapa macam jenis furniture di antaranya desain klasik, modern, minimalis bahkan sampai mewah. Pemilihan jenis furniture ini bisa disesuaikan dengan karakter kantor dan kenyamanan para karyawan yang ada di dalam kantor tersebut. Dengan faktor kenyamanan furniture bisa membuat para karyawan nyaman dalam bekerja. Misalnya kursi, ketika kursi yang digunakan terasa nyaman maka para karyawan akan betah duduk berlama-lama sampai tiba saatnya pulang kantor.

4.  Pemilihan warna

Untuk pemilihan warna cat dinding, sebaiknya pilih dan gunakan warna cat yang bisa menyatu dan kohesif dengan lantai. Pertimbangkan dengan menggunakan warna-warna netral sebagai warna utama. Karena warna netral akan memberikan kesan ruangan kantor yang luas.

Setelah memilih warna utama, anda bisa menggunakan satu warna cerah sebagai aksen. Warna cerah yang digunakan ini sebagai daya tarik agar ruangan tidak terkesan polos dan monoton.

5.  Pencahayaan dan Ventilasi

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan letak pencahayaan. Dalam hal ini, pencahayaan harus disesuaikan dengan letak tempat duduk para karyawan. Jika pencahayaan dalam ruangan tepat, maka bisa  memudahkan para karyawan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Selain itu, ventilasi udara juga menjadi faktor yang penting. Meskipun di ruangan itu terdapat pendingin udara. Namun ventilasi untuk keluar masuk udara sebaiknya tetaplah ada, tujuannya untuk mengganti udara di ruangan itu. Sehingga ruangan kerja tidak terasa pengap dan lebih sehat.

Sumber: ipapa, Chandra Karya, denis. Verdant.id Architecture