Sebuah bangunan rumah terdiri dari tiga bagian utama yaitu Lantai, dinding dan atap. Ketiganya menjadi elemen yang paling krusial. Atap misalnya bisa menjadi bagi yang menarik dari sebuah bangunan rumah.

Kini, semakin banyak desain atap yang bisa menjadi inspirasi untuk diterapkan pada hunian impian kamu. Berikut ini verdant.id merangkum 7 desain atap sebagai bahan pertimbangan kamu ketika akan membangun sebuah hunian.

  1. Desain Atap Genteng

Atap genteng ini paling banyak digunakan pada desain atap rumah di Indonesia, karena memiliki banyak pilihan material. Mulai dari tanah liat, keramik, beton, dan metal. Material genteng tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari semua jenis genteng ini, yang harganya tergolong murah adalah genteng berbahan tanah liat.

2. Desain Seng

Atap seng ini seringkali diterapkan pada rumah sederhana. Namun tak menutup kemungkinan di zaman modern seperti ini rumah modern juga menggunakan seng. Apalagi sekarang atap seng bisa dipasang dengan mudah pada rangka atap baja ringan.

Harga atap seng lebih murah dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Namun, bahan materialnya yang menyerap panas membuat ruangan dibawahnya lebih panas.

3. Desain Datar

Merupakan desain atap rumah yang paling sederhana, selain itu proses pembuatannya juga mudah. Biasanya diterapkan pada bangunan rumah minimalis dan bangunan bertingkat.

Namun, untuk perawatannya cukup sulit dan terbilang mahal. Apabila terjadi kebocoran, model atap seperti ini sulit untuk diatasi.

4. Desain Atap Limas

Nah, kalau desain atap rumah seperti ini sangat cocok diterapkan untuk rancangan rumah minimalis.

5. Desain Gergaji

Biasanya digunakan di area industri atau pabrik. Memiliki bentuk yang curam sehingga dapat melindungi pekerja dan mesin-mesin pabrik dari sinar matahari langsung. Walaupun demikian, tetap bisa digunakan untuk hunian. Lalu dimana kita bisa menemukan atap seperti ini? jawabannya Rusia.

6. Desain  Klasik

Desain  klasik seperti ini memang memiliki ciri khasnya tersendiri. Bahkan seiring dengan perkembangan zaman, tak membuat desain klasik kehilangan penggemarnya.

7. Desain Dak Beton

Desain dak beton biasanya digunakan untuk rumah dengan konsep modern minimalis. Selain berfungsi sebagai atap, bisa juga digunakan sebagai ruang beraktivitas. Misalnya difungsikan sebagai roof garden.

Sumber: DidekorDekoruma. Verdant.id