Apa sebelumnya Kamu pernah mendengar istilah 2D atau 3D dalam film/ video animasi? Apa perbedaan animasi 2D dan 3D yang bisa Kita lihat secara gamblang? Siapa sih yang tidak pernah menonton video animasi? Video karakter lucu yang biasanya ditonton oleh anak kecil sebagai hiburan yang di dalamnya diselingi dengan pesan moral sebagai pembelajaran.

Bukan hanya ditonton anak kecil, karakternya yang lucu dan menggelak tawa kadang juga menarik perhatian dari orang dewasa. Tidak heran jika Kita juga sering menemui orang dewasa yang menonton video animasi. Nah ternyata kartun memiliki 2 jenis lho! Yaitu animasi 2D dan 3D. Apa itu sebenarnya animasi 2D dan 3D? Dan apa perbedaannya? Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Animasi 2D

Secara garis besar, animasi 2 dimensi adalah sebuah karya dari gambar yang menggunakan lingkaran dua dimensi serta diputar secara cepat dan berurutan.

Setiap gambar yang digunakan dalam pembuatan video animasi memiliki urutan masing-masing yang tidak boleh tertukar dan akan membentuk frame secara 2 dimensi.

Video/ film animasi 2 dimensi ini lebih dikenal dengan sebutan kartun (cartoon). Kartun sendiri lebih diartikan dengan gambar yang lucu.

Contoh dari video animasi 2 dimensi adalah Tom and Jerry, Lonney Tunes, Doraemon, dan masih banyak lagi.

  1. Animasi 3D

Sedangkan untuk animasi 3 dimensi, memiliki sedikit perbedaan dari animasi 2 dimensi.

Animasi 3 dimensi diartikan sebagai gambaran objek yang berada pada ruang 3 dimensi. Penggambaran objek dalam animasi 3 dimensi biasanya bisa bergerak dan berputar sesuai dengan objek aslinya. Misalnya saja manusia, mobil, pohon, atau objek lain.

Karena animasi 3 dimensi adalah pengembangan dari jenis animasi 2 dimensi, maka objek dalam animasi 3 dimensi bisa terlihat lebih hidup daripada yang ada di kartun.

Bahkan bisa dikatakan sudah menyerupai bentuk dari karakter aslinya.

Contoh dari animasi 3 dimensi sendiri adalah Finding Nemo, Toy Story, Monster Inc, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Cukup jelas bukan? Itulah gambaran mengenai perbedaan animasi 2D dan 3D yang bisa dengan mudah kita identifikasi saat menonton video ataupun film animasi.

Verdant.id Cilukba