Salah satu aplikasi wajib yang harus ada di dalam laptop atau komputer adalah Photoshop. Aplikasi ini memiliki peran yang sangat penting untuk mengedit foto atau gambar, bahkan banyak orang yang menggunakan photoshop untuk pembuatan animasi. Kira-kira seperti apa cara membuat animasi dengan photoshop? ternyata caranya cukup mudah dan cocok digunakan bagi orang yang masih pemula.

Banyak fotografer dan pebisnis bidang foto dan film yang menggunakan Photoshop untuk mengolah data mereka. Aplikasi ini mudah digunakan dan didukung dengan berbagai fitur keren yang akan menghasilkan foto yang diimpikan.

Cara Membuat Animasi Keren Dengan Photoshop

Ada banyak sekali manfaat Photoshop yang bisa anda dapatkan, di antaranya untuk mengkombinasikan 2 gambar atau lebih menjadi satu gambar yang baru, merubah ukuran gambar sesuai dengan yang diinginkan, merubah warna, mempertajam warna, mengaburkan gambar, memotong gambar, meningkatkan intensitas cahaya dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun cara membuat animasi menggunakan photoshop bisa anda lakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka program photoshop, setelah masuk ke dalamnya maka anda harus membuka dokumen baru dengan melakukan klik menu file dan pilih new. Jika anda sudah keluar dari dialog box sebaiknya atur ukuran file dengan ukuran 350 x 350 pixels.
  2. Langkah kedua setelah file baru siap maka pilih tool dengan nama Pen Tool yang ada di sebelah kiri. Biasanya digunakan untuk menggambar dan bisa juga digunakan untuk membuat vector atau cropping pada gambar.

Melalui Pen Tool anda bisa membuat garis lurus, membuat lengkungan, menambah anchor point, membuat sudut tajam dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Langkah ketiga selanjutnya adalah klik Pen Tool dengan mode Shape Layers jangan lupa centang box auto add/ delete yang berada pada posisi paling kanan.
  2. Langkah keempat buatlah aotline wajah tokoh animasi yang anda inginkan, gunakan lingkaran untuk membuat wajah. Buat bentuk kurva dengan cara menekan CTRL + Drag, buat juga sudut tajam dengan tekan ALT+Klik+Klik. Untuk membuat telinga anda juga bisa menggunakan Pen Tool.
  3. Langkah selanjutnya buatlah outline wajah dan sesuaikan dengan anchor point. Jika gambar wajah sudah jadi maka anda bisa membuat rambut, mata, alis, mulut dan hidung dengan menggunakan Pen Tools.

Cobalah untuk praktekkan cara membuat animasi menggunakan Photoshop di atas. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi anda yang masih pemula dalam belajar menggambar atau membuat animasi.

Verdant.id Cilukba