Cara membuat animasi Minecraft

Kamu pasti tahu kan permainan Minecraft? Dengan animasinya unik, sekarang kamu tidak hanya memainkannya saja. Tapi juga bisa membuat animasi Minecraft agar orang lain melihat hasil karyamu. Cara membuat animasi Minecraft sebenarnya tidak terlalu sulit, tapi butuh tim yang bisa mengatur masing-masing pembuatannya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi khusus seperti Mine Imator.

Daripada lama-lama kamu bingung sendiri, simak terus cara membuatnya di bawah ini.

Cara membuat animasi Minecraft Pertahap

Membuat projek sebagai Cara membuat animasi Minecraft

Di tahap pertama, kamu harus membuat projek baru dengan menekan New Project. Kamu juga bisa membuka projek sebelumnya yang sudah pernah dibuat dengan klik di Open Project. Buat map-nya, kamu tidak usah khawatir karena sudah disediakan beberapa pilihan map di MineImator. Tapi kalau kamu mau membuatnya sendiri tidak masalah karena bisa dikreasikan sendiri.

Letak dan fungsi

Di langkah ini, kamu harus menentukan letak tempat suatu objek dan memastikan fungsinya sebagai apa. Di bawah lembar kerja kamu, akan terlihat 2 work bench. Work bench ini dapat kamu gunakan untuk menambah karakter, map, light, shape, mau pun particle. Kalau kamu mau latar belakangnya berwarna putih, cukup gunakan surface saja.

Agar hasilnya semakin menarik, di sini kamu juga bisa menambahkan musik sesuai dengan kemauan kamu. Sedangkan buat mengatur control, gambar, serta render, bisa klik di open file setting. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan yang bisa kamu atur sesuka kamu.

Cara Membuat Animasi Minecraft

Menambah karakter

Di bagian work bench, klik icon human dan atur sendiri penampilannya seperti apa. Kalau kamu mau mengkreasikannya lebih, bisa jadikan objek itu menjadi hewan atau monster lainnya.

Mengatur background

Aktifkan Project Properties dan klik Background. Di sana kamu bisa mengganti latar belakangnya waktu malam atau siang hari. Selain itu, kamu juga bisa mengatur awannya, waktu tempat di map kamu, atau memasukan foto langit sebagai latar belakangnya.

Buat kamu yang mau mengatur tekstur matahari dan bulannya, bisa dilakukan di tampilan background setting ini. Ketinggian awan, ukurannya, serta warna awam bisa kamu ubah sesuai dengan keinginan kamu.

Kalau kamu sudah memahami langkah dasarnya, selanjutnya kamu hanya tinggal merendernya saja. Sebenarnya membutuhkan tim untuk masing-masing prosesnya, seperti musik, objek, dan map agar semakin gampang membuatnya. Masih kurang jelas? Berikut kami sertakan pula link youtube untuk belajar dasar-dasar menggunakan Mine Imator.

Sumber : Cilukba, Verdant Studio