Mendengar kata artwork yang terlintas dalam pikirian adalah lukisan. Namun tunggu dulu artwork tidak hanya sebatas itu. Termasuk juga karya seni yang berasal dari fotografi, ilustrasi, gambar, patung dan berbagai karya seni lainnya.

Definisi

Asal katanya berasal dari bahasa Inggris yaitu art yang berarti seni dan work yang berarti kerja (karya) yang artinya karya seni. Menurut glosarium.org, artwork memiliki definisi sebagai benda hasil kerja/karya seni. Berasal dari bahasa Inggris yaitu art yang berarti seni dan work yang berarti kerja (karya) yang memiliki arti karya seni.

Dalam bidang interior bisa didefinisikan sebagai segala jenis benda seni yang lepas dari struktur ruangan, dimana benda tersebut bisa berupa benda dua dimensi maupun benda tiga dimensi.

Baca juga: Desain-desain interior Cottage Terkeren di Indonesia Yang Patut Dicoba

Jenis-Jenis Kategori

Banyak kategori yang termasuk ke dalam artwork, meskipun sebenarnya tidak ada aturan khusus. Namun bisa dikelompokan menjadi kategori yaitu dua dimensi dan tiga dimensi. Yang termasuk kategori karya seni dua dimensi adalah lukisan, fotografi, poster, gambar dan lainnya. Sedangkan karya seni tiga dimensi adalah patung, ukiran dan pahatan serta karya seni lainnya yang berbentuk tiga dimensi.

Fungsi Artwork Dalam Bidang Interior

Dalam bidang interior artwork memiliki beberapa fungsi di antarannya sebagai berikut:

  1. Memperindah ruangan atau bangunan. Seperti dengan memasang lukisan contohnya
  2. Memberikan suasana yang berbeda pada ruangan.
  3. Memancing kreatifitas dan daya imajinasi.
  4. Meningkatkan semangat harian. Dengan menerapkan warna-warna terang bisa meningkatkan semangat harian.

Baca juga: Konsep Desain Interior Futuristik

Sumber: Blog Spasium, Glosarium.