Semua orang terutama pengusaha sangat paham pentingnya pemasaran bagi kelangsungan bisnisnya. Dan ga perlu diperdebatkan lagi bahwa hampir semua pebisnis kini menyadari pentingnya pemasaran secara digital. Meski demikian mungkin kita perlu catatan lebih detail mengenai defenisi dari metode pemasaran ini. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mulai dari definisi hingga penerapan metode 5W1H didalamnya. Yuk kita simak!

Pemasaran adalah satu komponen kegiatan penting dalam usaha. Tujuan utamanya hanya satu yaitu memasarkan produk atau jasa dari bisnis tersebut. Kini kegiatan pemasaran secara umum dapat dilakukan secara offline dan online. Kegiatan pemasaran secara online inilah yang kita kenal sebagai pemasaran secara digital yang juga dikenal sebagai digital marketing atau online marketing.

Pembahasan tentang pemasaran secara digital cukup kompleks. Meski demikian, baik offline dan online kegiatan pemasaran pada dasarnya tetap memegang prinsip 5W1H dan 4-7P Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dalam artikel ini kita akan bahas 5W1H terlebih dahulu.

  1. What / produk atau jasa apa yang anda jual.
  2. Who / mau dijual kesiapa sih?
  3. Where / dimana tempat yang pas buat ngejualnya?
  4. Why / kenapa orang mau beli produk atau memesan jasa anda?
  5. When / waktu yang tepat untuk berjualan.
  6. How / bagaimana kita menjualnya

1. Produk atau jasa yang ingin anda jual.

Produk atau jasa yang ingin anda jual adalah faktor utama dalam pemilihan metode pemasaran yang efektif dan efisien bagi produk atau jasa anda. Oleh karena itu marketer wajib mengetahui secara detail produk atau jasa yang ingin anda pasarkan tersebut. Pengetahuan tersebut akan membantu anda untuk memutuskan metode yang paling tepat agar produk atau jasa anda direspon oleh pasar.

2. Siapa target penjualan anda

Tahap lanjutan dari pemasaran adalah penjualan. Sehingga mengenal karakteristik dari pasar anda adalah hal yang mutlak. Karakteristik pasar dapat berupa demografi, usia calon user atau konsumer anda, daya belinya, ukuran pasar, siapa pesaing-pesaing anda dalam ceruk pasar tersebut dan segala hal detail lainnya sehingga pemasaran yang anda lakukan dapat berjalan dengan baik.

3. Dimana tempat yang pas untuk menjual produk atau jasa anda

Internet pada dasarnya mirip dengan dunia offline. Jika di dunia nyata kita dapat menemukan mall, toserba, mini market dan warung kita juga dapat menemukan berbagai platform berjualan secara online. Untuk berjualan produk, saat ini kita bisa menemukan banyak market place seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Bli-bli, Olx dan lain sebagainya.

Jika kita cermati, masing-masing platform tersebut memiliki ciri khas dan market tersendiri loh. Misalnya untuk berjualan produk-produk fashion kita dapat menjual produk kita melalui Bukalapak dan Tokopedia, tapi sulit berjualan mobil atau motor di market place tersebut. Untuk berjualan mobil dan motor biasanya penjual menggunakan Olx dsb.

Bagaimana dengan media sosial? Tentunya punya karakteristik yang berbeda pula. Sadar atau tidak, dengan semakin maraknya market place, media sosial tidak lagi menjadi tempat jualan seramai yang dulu. Hal ini disebabkan media sosial tidak menyediakan tools untuk berjualan selengkap dan semudah market place yang sebenarnya.

4. Mengapa orang harus membeli produk atau memesan jasa yang anda tawarkan?

Produk atau jasa sejatinya dijual atau ditawarkan pada konsumen atau pengguna karena produsennya yakin produk tersebut dapat memecahkan “suatu” masalah atau bahkan berbagai masalah.

Sehingga kapabilitas dan keunggulan produk atau jasa anda wajib tersampaikan dengan sebaik-baiknya.

Tulisan, audio, gambar, gif, video, Augmented Realty, ruang digital hingga Virtual Reality adalah media yang dapat anda gunakan untuk menjelaskan secara detail kekuatan dari jasa atau produk anda.

5. Kapan waktu yang tepat menjual produk atau jasa anda.

Liburan sekolah, waktu gajian, menjelang hari raya keagamaan, pada prinsipnya baik offline maupun online pemilihan waktu yang baik dalam memasarkan produk anda dapat memberikan hasil yang signifikan. Memasang iklan diskon, promo dan sebagainya pada waktu-waktu yang tepat dapat memberikan anda keuntungan yang anda butuhkan.

6. Bagaimana kita menjual produk atau jasa yang kita tawarkan.

Yang tidak kalah penting dari semua metode yang perlu kita perhatikan sebelumnya adalah motifasi. Pemasaran bukanlah pekerjaan yang mudah dan murah, sehingga kita perlu menyiapkan rencana yang baik dan dilakukan secara konsisten.

Pengusaha tentunya paham bahwa pasar memiliki sifat yang positif dan negatif, naik dan turun. Usaha pemasaran yang telah dilakukanpun perlu secara berkala di evaluasi. Tingkat keberhasilanpun perlu di review apakah sudah sesuai dengan target atau tidak. Dengan demikian dapat dilakukan perubahan yang lebih baik dalam pemasaran yang anda lakukan.

Nah, itulah berbagai aspek dalam pemasaran secara umum yang perlu kita perhatikan. Apakah metode pemasaran anda lakukan saat ini sudah efektif dan efisien?

Verdant.id Cilukba Asyraaf Ahmadi