3 Tahap Pembangunan Rumah
Proses pembuatan rumah yang umum memakan waktu dan biaya tertentu. Secara garis besar ada 3 tahap dalam pembangunan yang dimulai dari persiapan, pembangunan itu sendiri hingga tahap finishing sebelum rumah layak untuk anda tempati.

Anda mungkin kini memiliki budget untuk memiliki rumah. Secara instan dana tersebut bisa anda gunakan untuk membeli sebuah rumah yang sudah jadi, atau membooking sebuah rumah diperumahaan yang sedang di bangun. Namun membangun rumah dari awal dapat menciptakan kepuasan tersendiri. Tidak heran yang memesan pembuatan rumah dari awal biasanya orang yang memiliki cukup waktu atau orang yang memiliki cukup dana untuk melakukannya. Jika anda tidak dalam dua kondisi tersebut pun artikel ini kami harapkan dapat memberikan wawasan tentang 3 tahap pembangunan rumah secara umum dan jadi pertimbangan anda tentang proses yang dilalui dalam pembuatan perumahan.

Jika anda ingin membangun rumah dari awal dapat dipastikan anda ingin membangun sebuah rumah impian anda. Rumah yang dapat menunjang aktivitas anda, menjadi tempat istirahat anda ketika anda pulang, serta menjadi tempat anda berkumpul dengan keluarga yang anda cintai. Dan jika anda sudah siap untuk bertualang dalam aktivitas pembuatan rumah ini mari kita lihat 3 proses utama yang akan anda lalui nantinya :

1. PERSIAPAN

Tahap ini tentu saja tahap awal yang akan anda lalui dalam pembuatan sebuah rumah. Namun proses ini dapat bervariasi bagi setiap orang. Sekali lagi hal ini berkaitan dengan kapabilitas masing-masing. Misalnya soal budget, kesiapan pendanaan merupakan salah satu hal yang memberikan dampak yang sangat besar dalam kelancaran pembangunan. Tetapi anda juga tidak bisa melonggarkannya begitu saja, karena hal tersebut menjadi celah yang dapat digunakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu betapa pun besarnya budget anda, anda harus mengetahui dengan seksama peruntukannya agar tujuan utama anda tercapai yaitu terwujudnya rumah impian anda. Secara garis besar ada 5 hal yang perlu ditetapkan pada tahap persiapan yang meliputi :

a. Budget

Budget merupakan hal yang utama dalam pembangunan sebuah rumah. Semakin detail catatan rencana pengeluaran dan manajemen-nya maka semakin besar kemungkinan anda bisa mendapatkan hasil pekerjaan yang sesuai dengan keinginan anda.

b. Lahan

Setiap lahan memiliki karakteristik tersendiri dan karakteristik ini juga memiliki dampak yang besar terhadap rencana pembangunan yang anda miliki. Misalnya lahan gambut yang ingin anda bangun nantinya perlu treatment pengeringan dan penimbunan. Sedangkan lahan yang berada di-perumahan yang padat penduduk, mungkin akan menemukan kesulitan akses dalam distribusi material dan mesin untuk pembangunan.

c. Desain

Pekerjaan desain merupakan pekerjaan perencanaan yang menghasilkan gambaran besar biaya dan output yang akan anda dapatkan hingga akhir pekerjaan pembangunan anda. Pembuatan desain menghasilkan perencanaan biaya dan hal-hal yang lain yang dapat anda gunakan untuk memanajemen proses pembangunan rumah yang anda lakukan.

d. Izin

Izin Mendirikan Bangunan merupakan salah satu syarat administratif secara hukum agar anda dapat memulai proses pembangunan anda.

e. Waktu pelaksanaan

Waktu pelaksanaan berkaitan dengan kesiapan teknis dan musim yang baik untuk anda memulai proses pembangunan.

Mari kita bahas lebih detail tentang apa saja yang harus kita persiapkan untuk membangun rumah pada artikel yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah

2. PEMBANGUNAN

Dengan persiapan yang matang, maka kesiapan anda untuk melakukan pembangunan akan menjadi lebih baik. Dengan semua perencanaan yang sudah anda lakukan sebelumnya maka kini anda memiliki dua pilihan yaitu melakukan pengawasan pekerjaan sendiri atau menghire seorang manajer proyek. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Sebagai gambaran, jika anda melakukan pengawasan sendiri maka anda akan melalui banyak proses yang mungkin bisa menjadi pengalaman baru yang positif bagi anda, meskipun akan menguras banyak waktu dan pikiran anda. Jika anda menggunakan tenaga seorang manager, anda mengeluarkan biaya untuk skill, pengalaman dan waktu yang dia gunakan untuk mengawasi pekerjaan pembangunan.

Tahap pembangunan perumahaan bisa cukup panjang dan melelahkan, sehingga dibutuhkan sikap yang konsisten dalam memanajemennya. Secara umum pekerjaan pembangunan juga dimulai dari tahap persiapan, yang dilanjutkan dengan konstruksi hingga finishing. Hal ini bisa kita jabar kan dengan urutan sebagai berikut :

a. Pembersihan dan persiapan lahan

Pembersihan lahan merupakan pekerjaan awal  yang harus dilakukan agar lahan siap untuk dikerjakan dan mendukung proses pembangunan.

b. Pengukuran dan analisa kekuatan tanah

Setelah lahan bersih, kemudian dilakukan pengukuran detail dan sondir untuk menyesuaikan dan memastikan kesesuaian dengan gambar kerja yang sudah dibuat untuk pembangunan.

c. Persiapan lahan untuk bekerja

Setelah patok boplang dan struktur dibuat, sebaiknya dipertimbangkan untuk penggalian sumur (jika tidak memakai air PAM) dan septitank. Setelah itu barulah disiapkan lahan untuk memulai pekerjaan seperti pembuatan bedeng, sirkulasi pekerjaan dan lain sebagainya.

d. Pembuatan boplang

Setelah evaluasi dari persiapan yang dilakukan maka pekerjaan pembangunan awal adalah pembuatan boplang dan pondasi.

e. Pengecoran lantai dan pembuatan dinding

Setelah konstruksi dan pondasi berdiri pekerjaan dapat dilanjutkan dengan pekerjaan arsitektur yang dimulai dengan pembuatan dinding dan lantai.

f. Pemasangan atap

Pekerjaan ini dapat dilakukan setelah pengerjaan dinding dan lantai awal selesai dilakukan. Pemasangan atap juga berfungsi untuk melindungi pekerjaan indoor yang selanjutnya akan dilakukan.

g. Instalasi listrik, air bersih dan sanitary

Setelah pekerjaan atap maka instalasi listrik, air dan Sanitasi bisa dilanjutkan.

h. Pemasangan interior

Pekerjaan yang tidak kalah pentingnya adalah pekerjaan interior awal seperti meja untuk dapur dan kamar mandi.

i. Finishing

Tahap finishing dalam pembangunan adalah penyelesaian pekerjaan-pekerjaan sebelumnya agar rumah siap menerima pekerjaan finishing utama selanjutnya.

Untuk mengetahui proses pembangunan lebih detail ada baiknya anda juga membaca artikel kami yang berkaitan dengan hal ini dengan mengklik gambar dibawah ini :

3 Tahap Pembangunan Rumah Tinggal

3. FINISHING

Proses finishing merupakan proses akhir yang tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan proses-proses yang sebelumnya. Pada tahap ini rumah yang sudah melalui proses pembangunan diselesaikan agar layak untuk mulai anda tempati. Dalam proses finishing bukan hanya soal mempercantik rumah, tetapi banyak hal teknis yang merupakan penyelesaian pekerjaan pembangunan sebelumnya. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan agar rumah anda siap untuk anda huni ;

a. Menyelesaikan pekerjaan Interior

Perlu rak atau gantungan handuk didalamnya, interior kamar mandi perlu sentuhan akhir. Dapur juga perlu dipasangi lemari dibawah dan diatas. Utamanya adalah menyelesaikan dengan tuntas pekerjaan interior penting. Namun demikian jika anda rasa anda butuh treatment interior lain, inilah waktu yang tepat agar pekerjaan tersebut dapat dilakukan.

b. Menata pekarangan

Taman dengan kolam, air mancur atau air terjun mini dihiasi tanaman-tanaman yang sudah anda pilih bersama konsultan sebaiknya juga sudah diselesaikan agar rumah anda benar-benar selesai.

c. Memasang kanopi dan pagar

Kanopi dan pagar biasanya dijadikan optional bagi developer rumah, namun demikian pekerjaan ini juga sudah anda selesaikan sebelum anda menempati rumah anda. Selain dapat mempergunakan kontraktor yang saat ini bekerja sehingga anda tidak repot mencari lagi dimasa yang akan datang. Anda juga tidak jadi kerepotan harus mengawasi dan khawatir hal ini menyebabkan kerusakan-kerusakan tertentu pada bagian rumah anda yang lain dimasa yang akan datang.

d. Aksesoris-aksesoris penting

Nomer rumah, kotak pos, tempat sampah didepan rumah dan tiang bendera, terdengar sepele. Tapi percayalah pasti anda membutuhkannya, sooner or later.

e. Memastikan semuanya berfungsi

Anda tentunya akan merasa kesal jika rumah yang baru anda tempati mengalami masalah seperti air kamar mandi ternyata tidak mengalir. Atau listrik di kamar belakang tidak menyala. Oleh karena itu hal sudah dipastikan penting sebelum anda menempati rumah anda adalah memastikan semuanya sudah berfungsi dengan benar.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang hal ini, anda dapat membaca artikel kami yang berkaitan dengan finishing dengan mengklik gambar dibawah ini :

5 Proses Finishing Pada Pembangunan Rumah

Demikianlah beberapa hal yang akan anda lalui pada tahap pembangunan rumah. Semoga tulisan ini dapat menjadi catatan bagi anda jika anda ingin membuat rumah impian anda suatu saat nanti.