Ruang keluarga merupakan bagian dalam rumah yang digunakan sebagai ruang bertemunya anggota keluarga. Berbagai macam cerita dari berbagai macam aktivitas yang telah dijalani masing-masing anggota keluarga bisa diketahui dalam ruangan itu. Selain itu, melalui cerita-cerita yang terlonta akan diketahui pula capaian apa yang telah berhasil didapat oleh sang buah hati sehingga orang tua tetap bisa memantau tumbuh dan perkembangan anaknya.

Ada banyak aktivitas dalam ruang keluarga yang bisa dilakukan secara bersama-sama. Kebersamaan yang terjadi bisa menjadi cara agar hubungan antar anggota keluarga bisa terjalin menjadi lebih hangat dan harmonis. Lancarnya komunikasi yang tercipta menjadi salah satu kunci sukses keberhasilan tiap anggota keluarga ketika bersosialisasi di masyarakat. Mengetahui besarnya dampak yang bisa didapat dari ruang tersebut, sudah barang tentu harus didesain senyaman mungkin untuk mendapat manfaat yang maksimal. Bagaimana desain yang baik? Berikut ini penjelasannya.

  1. Ruang keluarga mungil di bawah tangga

Ukuran ruang keluarga tidak ada hubungannya dengan kualitas yang bisa didapat dari ruangan tersebut. Meski hanya memiliki ukuran ruangan yang tidak terlalu besar, pastikan untuk memaksimalkan setiap sudut yang ada. kenyamanan tetap bisa didapat dari ruangan yang kecil. Hal penting yang harus diperhatikan adalah penempatan barang-barang yang akan digunakan. jangan sampai ukuran perabotan di ruangan terlalu besar sehingga menyebabkan ruangan terlihat penuh dan sesak. Bila hal tersebut dilakukan, sudah dapat dipastikan tidak ada rasa nyaman yang tercipta di ruang keluarga.

  1. Ruang keluarga menghadap taman

Jika ingin memiliki konsep yang selalu segar, atur posisi ruang keluarga yang dekat dengan taman. Ruang  yang berdekatan dengan taman akan membuat ruangan selalu terasa segar. Sirkulasi udara tidak akan pengap karena berdekatan dengan ruang terbuka. Berbagai macam tumbuhan yang berada di taman akan menambah kesegaran. Dengan menggunakan cara ini, badan dan pikiran akan langsung terasa rileks sembari berbincang dengan anggota keluarga yang lain.

  1. Ruang keluarga bergaya vintage

Vintage merupakan konsep yang masih sering digunakan oleh banyak orang. Tidak hanya dalam hal pakaian, konsep vintage juga bisa terealisasikan dalam ruang keluarga. Gunakan properti yang memiliki gaya zaman dahulu sehingga konsep vintage semakin terasa. Jangan ragu untuk menggunakan barang-barang tempo dulu karena itu akan menambah kesan lawas yang memang ingin ditampilkan. Namun, hal yang sebaiknya dipikirkan adalah kenyamanan anggota keluarga. Jangan sampai karena ingin menampilkan konsep vintage, kenyamanan keluarga menjadi terabaikan.

  1. Konsep full color

Keluarga anda merupakan keluarga yang selalu heboh dan senang bercanda? Gaya full color seperti yang ada pada gambar mungkin bisa dijadikan pilihan. Berbagai macam warna yang digunakan dalam satu ruangan akan menampilkan keceriaan yang memang sedari awal sudah dimiliki oleh masing-masing anggota keluarga.

  1. Minimalis dengan warna manis

Berbeda dengan desain sebelumnya, kali ini hanya diperlukan sedikit warna saja untuk digunakan dalam satu ruangan. Penggunaan warna yang tidak banyak dalam satu ruangan berfungsi untuk menampilkan kesan minimalis. Konsep ini juga sudah banyak digunakan oleh beberapa orang dan sempat menjadi sebuah tren yang sangat digemari oleh masyarakat.

Beberapa desain yang ditampilkan hanyalah perwakilan dari banyaknya desain lain yang bisa dicoba. Seorang desainer interior mungkin bisa dijadikan pilihan untuk ikut merancang desain seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan.

verdant.id, Cilukba.