5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah

Membangun rumah dapat menjadi hal yang menyenangkan bagi anda. Mengingat, tentunya bangunan tersebut dapat memenuhi ekspektasi anda kelak saat anda huni. Namun demikian, tidak sedikit yang pada akhirnya kerepotan bahkan kecewa dengan hasil akhir yang terbangun. Semuanya dapat terjadi tergantung bagaimana anda menyusun rencana pembangunan dengan cermat serta mengawasi pembangunan yang dilakukan. Usaha yang tepat dapat meminimalisir kekecewaan anda di akhir tahap pembangunan, dan tentu saja anda juga dapat menikmati setiap proses yang anda lalui dalam membangun rumah yang anda idam-idamkan. Oleh karena itu kami mencoba merunut 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun rumah sesuai dengan kapabilitas kami sebagai konsultan.

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah

1. Budget

Tidak peduli sedikit ataupun banyak, budget merupakan hal yang paling krusial dalam pembangunan rumah anda. Jumlah dana yang anda miliki mempengaruhi keseluruhan tahap yang akan anda lalui dalam membangun rumah anda. Budget yang anda miliki dapat terdiri dari dana yang anda miliki saat ini, maupun dana yang akan masuk dalam tahap-tahap tertentu.

Dapat informasi lebih detail tentang apa saja komponen pembiayaan yang harus diperhatikan dalam pembangunan rumah pada artikel kami yang berjudul : Membuat Perencanaan Keuangan Pembangunan Rumah

2. Lahan

Lahan merupakan faktor terpenting yang kedua saat dalam proses persiapan pembangunan rumah anda. Pada poin ini ada dua kemungkinan, yaitu :

  1. Lahan sudah tersedia. Jika lahan sudah tersedia diluar budget yang anda persiapkan, anda dapat melanjutkan pertimbangan anda ke hal yang lainnya.
  2. Lahan dicari sesuai dengan budget yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika anda belum memiliki lahan untuk dibangun berikut ini kami berikan beberapa poin penting untuk anda pertimbangkan dalam pemilihan lahan yang strategis :
    1. Area. Tidak ada benar dan salah dalam penentuan di area mana rumah yang anda ingin bangun, terutama karena ini Indonesia. Dengan tidak menyepelekan soal hukum yang ada, pertimbangan area lebih kepada orientasi anda dimasa yang akan datang. Perhatikan preferensi anda saat ingin membangun rumah, apakah rumah yang anda bangun untuk anda tempati dengan kondisi harian anda bekerja ditempat lain atau rumah yang akan anda tinggali untuk masa pensiun anda. Pertimbangan orientasi ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pemilihan area yang anda pilih untuk anda bangun. Dengan pertimbangan agar dapat dekat dengan tempat anda bekerja, demi meminimalisir ongkos transportasi anda mungkin akan memilih area pemukiman dekat industri meskipun lahan yang anda dapatkan sangat kecil.
    2. Akses.
    3. Keamanan.
    4. Peraturan pemerintah.

Tahap akhir dari keputusan anda dalam pemilihan lahan adalah analisa sipil kondisi lahan yang anda pilih. Hasil dari analisis ini penting dalam menentukan konstruksi yang tepat yang dapat anda gunakan dalam pembangunan rumah anda. Untuk informasi lebih lengkap tentang subjek ini, silahkan baca artikel kami yang berjudul : Memilih Lahan Yang Baik Untuk Pembangunan Rumah

3. Desain

Desain bukan hanya soal visualisasi dari rumah yang akan anda tempati, tetapi persiapan berbagai hal teknis yang detail dalam pembangunan yang anda lakukan. Oleh karena itu tahap desain dalam 10 hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun rumah yang kami buat ini. Kecuali anda juga seorang arsitek, anda perlu mendapatkan konsultan yang tepat untuk melakukan pekerjaan ini dengan output utama sebagai berikut :

  1. Rancangan bentuk rumah
  2. Gambar kerja sipil, arsitektur hingga detail yang anda butuhkan
  3. Material
  4. Timeline pengerjaan
  5. Anggaran biaya konstruksi
  6. Hal-hal tertentu sesuai dengan kapabilitas konsultan yang anda pilih

Pada tahap ini, akan terjadi pertimbangan terhadap dua hal yang sebelumnya sudah anda buat, yaitu : Budget dan Lahan. Dengan brief yang lengkap, konsultan dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan memberikan anda gambaran detail tentang apa yang harus anda lakukan hingga rumah anda selesai dibangun.

Konsultan juga dapat anda minta merekomendasikan kontraktor atau tukang bangunan untuk pembangunan rumah anda. Ada pula konsultan yang merangkap sebagai kontraktor. Konsultan tersendiri atau merangkap sebagai kontraktor memiliki plus minus tersendiri. Silahkan baca keterangan lebih lanjut tentang subjek ini pada artikel kami yang berjudul : Pentingnya membuat desain yang komprehensif sebelum membangun rumah

4. Izin Mendirikan Bangunan

Pengurusan izin dalam mendirikan bangunan merupakan salah satu tahap yang penting dalam 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun rumah. Dengan memperhatikan peraturan pemerintah setempat, gambar yang diperoleh dari konsultan semestinya dapat dipergunakan untuk pengurusan Izin. Perhatikan waktu dan biaya yang dibutuhkan dalam pengurusan izin, serta pastikan izin yang anda dapatkan tidak bermasalah agar tidak mengganggu proses konstruksi yang nanti anda lakukan.

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana proses Mengurus IMB dan Gambar-gambar yang perlu dipersiapkan disini

5. Waktu Konstruksi

Pertimbangan pemilihan waktu untuk pengerjaan konstruksi mungkin sering luput dari perhatian banyak orang yang ingin membangun rumah. Namun seringkali, dengan melupakan hal ini pelaksanaan konstruksi menjadi bermasalah sehingga waktu yang dibutuhkan jauh melibihi yang sudah diperkirakan.

Setiap proses konstruksi memiliki preferensi waktu yang berbeda, namun demikian hampir semua pekerja konstruksi sepakat bahwa musim panas merupakan waktu yang baik dalam pelaksanaan pembangunan. Meskipun beberapa hal seperti debu dan kebutuhan air harus dipertimbangkan dengan baik.

Setelah semua pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum membangun sebuah rumah sudah anda ketahui, maka kita dapat menambah wawasan kita tentang proses selanjutnya yaitu tahap konstruksi atau pembangunan. Silahkan klik gambar dibawah ini untuk lanjutan dari artikel ini.

 

3 Tahap Pembangunan Rumah Tinggal

Demikianlah beberapa hal krusial yang perlu anda perhatikan sebelum membangun sebuah rumah. Nantikan artikel lanjutan tentang tahap konstruksi hingga finishing yang perlu anda ketahui dalam pembangunan sebuah rumah dari kami. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda.

Terimakasih

Sumber : Verdant Architecture