Taman merupakan salah satu bagian penting untuk sebuah rumah. Keberadaan taman dirumah bisa menjadi penyejuk tersendiri terutama apabila rumah tersebut berada di perkotaan. Selain itu adanya ruang hijau juga bisa menyegarkan udara sehingga lebih sehat. Banyak cara untuk mendesain taman mulai dari memanfaatkan jasa arsitek ataupun mendesainnya sendiri.

Tips Mendesain Taman

Dengan adanya taman, juga bisa menjadi ruang berkumpul keluarga dan tempat bermain anak-anak. Secara tidak langsung bola anda bisa mengajari anak-anak untuk mencintai tanaman di mana anda bisa mengajari mereka cara menanam hingga merawat tanaman di taman tersebut. Berikut ini beberapa ide mendesain taman rumah yang bisa menjadi inspirasi anda.

  1. Menaruh Bebatuan Sebagai Jalan

Hal ini bisa mempercantik taman anda di mana peletakan batu akan sangat penting karena digunakan sebagai jalan untuk menuju ke taman. Anda bisa memilih ubin berbentuk persegi kemudian disekeliling ubin tersebut ditaruh dengan bebatuan agar lebih terlihat cantik.

Untuk bagian tanamannya, Anda bisa memilih tanaman pohon ataupun tanaman kecil sesuai dengan keinginan anda. Selanjutnya jangan lupa untuk mengaplikasikan area rerumputan agar taman anda lebih terlihat hijau dan jangan lupa untuk selalu merawat taman anda.

  1. Menaruh Ayunan Kursi

Apabila anda ingin mendesain taman yang bisa digunakan untuk kegiatan bersantai seperti duduk-duduk, maka anda bisa mengaplikasikan ayunan kursi kayu di salah satu bagian taman. Anda juga bisa menaruh beberapa bebatuan sebagai alas tempat ayunan agar tidak merusak tanaman.

Di samping kursi ayunan juga bisa anda tambahkan dengan tanaman hias berukuran sedikit besar dibandingkan dengan tanaman di sekelilingnya. Andai bisa memilih sendiri jenis tanaman hias yang sesuai dengan kebutuhan. Peletakan guci di samping ayunan kursi juga akan terlihat estetis.

  1. Taman dengan Kolam Ikan

Ide yang ini bisa anda terapkan apabila anda memiliki ruangan kosong dibelakang pagar rumah anda. Anda bisa membuat kolam ikan yang unik sebagai penyegar taman. Anda bisa menaruh bebatuan berukuran besar di sekitar kolam dan jangan lupa buatlah aliran air dan pancuran agar air kolam bisa tetap terjaga.

Jangan lupa untuk menaruh pepohonan dan tanaman hias di sekitar kolam sehingga akan memberikan kesan lebih sejuk pada tanaman yang anda miliki. Pastikan anda memilih ikan hias yang mudah untuk dirawat dan dapat beradaptasi dengan mudah. Taman seperti ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu luang.

  1. Taman Rumah Dengan Beberapa Kursi

Berikut ini juga sangat direkomendasikan terlebih lagi apabila Anda menyukai kegiatan bersantai atau sekedar makan makanan ringan ataupun minum teh. Di mana dalam pengaplikasiannya Anda membutuhkan kursi dan meja yang ditaruh di tengah taman.

Jangan lupa di sekitar kursi untuk ditanami jenis tanaman yang sangat cantik sehingga tidak akan membuat Anda bosan. Pastikan alas untuk menaruh kursi terdapat bebatuan untuk menghindari tanaman rusak akibat kaki kursi dan meja.

  1. Taman Rumah Bertema Air Terjun

Apabila anda memiliki area taman yang lebih luas maka ide taman yang satu ini bisa anda pilih. Dimana anda akan mendesain taman layaknya sebuah air terjun berundak undak kemudian di bagian air jatuh terdapat kolam ikan yang akan menambah kesan cantik pada area taman anda.

Jangan lupa pula untuk menaruh beberapa tanaman hias di sekitar kolam tersebut dan area lainnya juga bisa anda hias sesuai dengan keinginan. Agar anda lebih mudah untuk merawat taman ataupun berpindah, maka buatlah jalan setapak dari bebatuan. Taman ini juga sangat cocok untuk digunakan saat kegiatan bersantai.

5 ide Taman diatas bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda dan anda juga bisa berkreasi lebih kreatif lagi untuk mendapatkan taman Impian anda.

Verdant.id  Cilukba