5 Proses Finishing Pada Pembangunan Rumah

Mulai dari tahap persiapan hingga tahap konstruksi sudah anda lalui. Proses yang bisa jadi cukup menguras perhatian anda tersebut kini sudah memasuki tahap penyelesaian. Meskipun tahap ini merupakan akhir dari semua proses yang perlu anda lalui, sebaiknya tidak boleh anda anggap sepele. Karena detail-detail pada tahap inilah rumah anda di ubah menjadi siap untuk ditempati. Oleh karena itu kami berusaha memberikan penjabaran terhadap 5 Proses Finishing Pada Pembangunan Rumah sebelum anda melakukan serah terima dengan kontraktor anda.

Artikel ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang proses konstruksi dalam membangun rumah. Ada baiknya jika anda membaca dulu tulisan tersebut dengan mengklik gambar di bawah ini

3 Tahap Pembangunan Rumah Tinggal

Sebelum serah terima rumah anda dari kontraktor, beberapa hal berikut ini sebaiknya sudah selesai sehingga anda dapat nyaman untuk mulai menempati rumah anda.

1. Penyelesaian Pekerjaan Interior Terpasang

Pada masa pembangunan rumah anda, beberapa komponen dasar interior sudah dipasang terutama untuk dapur dan kamar mandi. Pada dapur misalnya, meja dapur dilengkapi dengan wastafel dan keran sudah terpasang. Pada tahap akhir ini, pekerjaan interior dapur dapat dilanjutkan dengan pekerjaan yang berkaitan dengan perkayuan dan aksesorisnya seperti lemari dan kabinet. Serta berbagai detail interior yang diperlukan mulai dari lampu dan lampu hias, wallpaper dan lain sebagainya.

Jika ada ruangan-ruangan yang anda rasa perlu untuk dirancang penuh oleh desainer interior, saat ini juga merupakan masa yang tepat untuk melakukannya. Lemari baju yang menyatu pada dinding, partisi antara ruangan dengan ornamen tertentu, rak di bawah tangga serta berbagai keperluan interior yang anda butuhkan sudah bisa dilakukan.

2. Menata Pekarangan dan Halaman Belakang

Pekerjaan taman membutuhkan ahli tersendiri dan memerlukan bugdet tersendiri pula. Namun demikian selesainya taman pada pekarangan depan rumah dan belakang memberikan kesan pekerjaan pembuatan rumah tidak dilakukan setengah-setengah. Jika anda seorang wanita, lelaki yang sudah menikah atau memang menyukai tanaman, memilih tanaman dan aksesorisnya saat di desain juga memberikan keasyikan tersendiri.

3. Pemasangan Kanopi dan Pagar Dari 5 Proses Finishing Pada Pembangunan Rumah

Tidak sedikit dari penjual properti terkadang menjual propertinya dengan tidak mengikut sertakan taman, pagar dan kanopi agar rumah yang dijual bisa menjadi lebih murah. Namun bila ditawarkan secara opsi, sebaiknya anda pertimbangkan untuk dipasangkan jika dianggap perlu terutama jika menyangkut faktor keamanan. Pekarangan depan dan pagar anda merupakan akses anda ke jalan didepan rumah anda. Sehingga perlu diperhatikan pula dengan seksama agar tidak mengganggu aktifitas anda dikemudian hari.

4. Pemasangan Aksesoris Dari 5 Proses Finishing Pada Pembangunan Rumah

Nomer rumah, slot untuk tiang bendera atau tempat sampah didepan pagar agar petugas kebersihan mudah memungutnya atau patung yang bisa menambah suasana rumah anda mungkin terlihat sepele. Tapi harus memikirkan hal tersebut dikemudian hari dipastikan juga dapat mengkonsumsi waktu anda. Aksesoris-aksoris yang suatu saat dapat anda ganti tersebut sebelum anda menghuni rumah sebaiknya ada dulu untuk saat ini. Jika anda ingin mengupgradenya suatu saat, anda menjadi tidak perlu terlalu tergesa-gesa.

5. Memastikan Semuanya Sudah Berfungsi Dengan Semestinya

Hal yang paling penting setelah semuanya terpasang adalah bersama-sama dengan kontraktor memastikan semuanya sudah terpasang dengan baik dan berfungsi dan benar-benar berfungsi. Berikut ini beberapa hal yang utama harus sudah berfungsi sebelum anda mengisi rumah anda.

  1. Semua yang berkaitan dengan kelistrikan berfungsi dengan baik. Periksa lampu dan saklarnya, colokan listrik, pompa, AC. Semuanya baik yang berada didalam rumah maupun dipekarangan anda.
  2. Semua yang berkaitan dengan air, hal ini berkaitan dengan plumbing atau saluran pipa dan kelistrikan. Pengisian torrent berjalan lancar, air untuk dikamar mandi, dapur atau kolam didepan rumah anda sudah semuanya mengalir. Dan tidak kalah penting, debitnya juga sudah cukup.
  3. Saluran pembuangan menuju septi tank dan selokan juga perlu berfungsi dengan baik.

Selain listrik dan air ada beberapa hal lain yang opsional seperti jalur kabel telpon yang mungkin perlu masuk kedalam catatan anda.

Jika semua kelengkapan dan proses akhir ini sudah anda tandai sebagai pekerjaan yang sudah selesai maka anda sudah dapat melakukan serah terima dengan kontraktor anda. Mengakhiri kontrak dengan manajer proyek anda dan memberikan kredit atas kerja keras mereka. Anda kini sudah dapat menempati rumah anda dan mulai menatanya.

Kami pun bisa mengucapkan selamat menikmati rumah baru anda.