Tidak jarang toko souvenir tidak memperhatikan tampilannya dan hanya fokus pada persaingan harga saja. Padahal, membuat desain toko souvenir yang menarik pun dapat menarik pembeli sehingga mereka bisa betah berlama-lama di toko meskipun hanya sekedar melihat-lihat saja. Hanya saja, masih banyak pemilik toko yang kurang memahami desain toko khusus souvenir yang menarik.

Sebenarnya, konsep desain toko souvenir sudah semakin banyak, namun, karena terlalu fokus dengan harganya saja, apalagi bersaing dengan para e-commerce, mereka menjadi tidak memperdulikan desainnya lagi. Bagi Anda yang sedang berencana membuka bisnis souvenir, jangan lupa ikuti trik mendesain tokonya seperti di bawah ini.

  1. Fasad dibuat semenarik mungkin

Fasad atau muka toko adalah hal yang menjadi pertimbangan utama apakah orang mau mengunjungi toko Anda atau tidak. Agar dapat menarik perhatian calon pembeli, ada baiknya Anda menggunakan konsep desain yang unik. Tampilkan produk terbaik Anda di etalase depan, karena kebanyakan orang akan melihat terlebih dahulu produk terbaik dari toko tersebut apa.

Selain itu, jadikan desain interior menjadi penggambaran desain eksterior toko agar orang-orang dapat melihat keunikan tokonya dari depan. Tidak perlu dibuat secara ramai, karena membuatnya menjadi tidak terlihat menarik dan orang malas untuk masuk.

  1. Gunakan konsep yang kreatif

Meskipun saat mendesain gaya interiornya Anda tidak diberikan batasan apapun, tetap saja Anda perlu membuatnya dengan kreatif agar orang betah berlama-lama di toko Anda. Membuat calon pembeli berlama-lama di toko bukanlah hal yang mudah karena kalau bosan tentu mereka akan keluar. Karena itulah, ada baiknya kalau Anda menerapkan tema interiornya yang sudah disesuaikan dengan produk-produk yang dijual.

Lebih menarik lagi jika Anda menonjolkan produk-produk Anda melalui tema yang dipilih. Misalnya saja Anda membuka toko souvenir khusus makanan khas daerah, Anda dapat menerapkan tema industrial atau bergaya minimalis lainnya. Intinya, pilih tema yang relevan dengan produk yang dijual agar lebih menaikan daya beli calon pembelinya.

  1. Tata letak display produk

Display produk sebaiknya jangan Anda letakan sembarangan. Sudah seharusnya Anda meletakannya dengan baik agar memudahkan calon pembeli melihat-lihat produk yang Anda jual. Dari pintu masuk, Anda bisa langsung meletakan display produk agar mereka dapat melihat-lihat produk yang paling dekat dengan pintu.

Gunakan konsep yang saling berhadapan agar pembeli mudah melihat barang-barangnya. Cukup hanya sedikit bergerak saja, mereka sudah bisa langsung melihat produk yang lainnya lagi di rak yang berbeda. Jangan lupa berikan jarak yang agak luas agar mereka mudah menjelajahi toko Anda.

Di bagian dindingnya, Anda dapat memberikan rak terbuka yang bisa terpasang di dindingnya agar ruangannya menjadi lebih maksimal.

Baca Juga: Inspirasi Contoh Denah Desain Rumah Tipe 45 yang Minimalis

  1. Gunakan perabotan yang sesuai dengan tema

Selain tema, perabotan juga menjadi kunci utama apakah calon pembeli ingin lebih berlama-lama di toko Anda atau tidak. Sesuaikan furniture yang digunakan dengan tema yang dipilih agar lebih memaksimalkan lagi tema yang ingin Anda tonjolkan.

Misalnya saja toko souvenir yang Anda buka adalah makanan khas daerah dengan tema industrial. Anda dapat memakai perabotan yang sesuai dengan tema tersebut, seperti meja maupun kursi industrial, hiasan dinding yang unik, dan sebagainya.

  1. Dekorasi ulang secara berkala

Cara menarik perhatian calon pembeli yang paling ampuh yakni mendekorasi ulang secara berkala. Tidak jarang cara ini dilakukan oleh pemilik toko agar kesan penampilannya tidak membosankan. Tidak perlu mengganti semua tema atau konsepnya, karena Anda cukup mengganti peletakan display atau menambahkan perabotan atau hiasan baru.

Dengan mengikuti trik-trik membuat desain toko souvenir yang menarik di atas, tentunya toko Anda pasti akan ramai calon pembeli. Mereka bisa dengan nyaman berbelanja, sehingga berlama-lama di toko pun menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda. Jangan lupa gunakan kualitas produk yang baik agar semakin ramai toko Anda.