Perumahan cluster dari tahun ke tahun semakin banyak saja yang dibangun. Tentu para developer membangunnya karena sudah disesuaikan dengan permintaan pasar yang di mana masyarakat ingin memiliki rumah baru tapi dengan lingkungan yang lebih terjamin, apalagi dekat dengan fasilitas-fasilitas yang bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Karena itulah, agar penghuninya merasa nyaman, para developer harus pintar membuat perumahan cluster yang menarik dan strategis.

Sebenarnya tidak mudah membangun cluster perumahan karena ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan. Salah-salah pengembangannya, maka penghuninya akan kecewa dan tidak betah menetap di perumahan tersebut. Sebagai developer, Anda harus mempertimbangkan hal di bawah ini terlebih dahulu agar calon penghuni tertarik membeli rumah cluster Anda.

  1. Ramah lingkungan

Tempat tinggal yang ramah lingkungan sering kali menjadi kriteria wajib yang harus didapat oleh calon penghuni. Ramah lingkungan atau eco green memang sudah menjadi konsep yang sudah semakin umum diterapkan oleh para developer perumahan. Karena itulah, Anda pun juga harus merancang rumah cluster yang memakai eco green agar pencemaran udara semakin berkurang.

Anda dapat memberikan banyak pohon-pohon di sekeliling jalan rumah clusternya. Selain itu, jangan lupa berikan taman di sekitar areal rumah agar lingkungan hijaunya menarik diminati para penghuninya. Yang paling penting, jangan lupa utamakan desain yang memudahkan cahaya dan udara keluar masuk secara alami.

  1. Berbasis teknologi

Cluster yang menerapkan sistem teknologi pada masing-masing rumahnya sudah tidak jarang lagi. Developer memberikan konsep smarthome atau rumah pintar dengan sistem teknologi untuk memudahkan penghuninya untuk kebutuhan tertentu.

Mulai dari CCTV sebagai pengamanan tambahan, pintu gerbang otomatis, serta jaringan wifi untuk seluruh rumah menjadi teknologi dasar yang dimiliki perumahan cluster. Meskipun begitu, Anda pun harus benar-benar pintar menargetkan pasarnya karena harga untuk 1 rumah cluster yang memiliki teknologi lengkap tersebut lebih mahal dari cluster biasanya.

Baca juga: Tips Kekinian Mengembangkan Ide Desain Rumah Modern

  1. Bergaya klasik

Kalau Anda perhatikan di kebanyakan perumahan cluster, pasti Anda akan melihat konsep rumah yang digunakan lebih bergaya klasik. Desain rumah tersebut memang sudah sering kali diterapkan oleh banyak developer karena mudah dipadukan dengan interior maupun eksterior yang lainnya. Belum lagi gaya klasik termasuk yang tidak lekang oleh waktu sehingga siapapun tidak akan pernah bosan.

Agar bagian fasad atau tampak depannya terlihat menarik, tidak jarang developer memberikan pilar besar serta beberapa ukiran. Bahkan penerapannya tidak hanya dipakai untuk rumah-rumah cluster besar saja, malainkan perumahan kecilnya.

  1. Fasilitas

Karena Anda ingin membuat perumahan cluster yang menarik, jangan lupa berikan fasilitas yang lengkap untuk para penghuninya. Fasilitas yang dimaksud berupa tempat ibadah, taman bermain, pasar, tempat olahraga, dan sebagainya. Pasar menjadi salah satu fasilitas yang pastinya akan dicari oleh para penghuninya, karena setiap harinya tentu mereka ingin membeli kebutuhan bahan-bahan makanan untuk keluarga.

Selain itu, tempat olahraga juga menjadi fasilitas yang penting disediakan. Gaya hidup penghuni urban yang sangat aktif dan sibuk tentu membuatnya jarang berolahraga. Agar kesehatan mereka tetap terjaga, berikanlah tempat olahraga yang memadai, seperti jogging track, lapangan futsal, maupun lapangan basket. Tapi tidak jarang juga ada yang memberikan fasilitas berenang untuk para penghuninya.

Agar Anda tidak repot membangun fasilitas rumah sakit atau sekolah, ada baiknya Anda bekerja sama dengan kedua pihak tersebut agar fasilitas-fasilitas tersebut dapat terpenuhi tanpa dari biaya Anda langsung.

Membuat perumahan cluster yang menarik tentu akan menjadi penentu kenyamanan para penghuninya. Jangan sembarangan mendesainnya saja, karena Anda harus memperhatikan beberapa pertimbangan. Pastikan saja Anda memakai material yang berkualitas agar keawetannya tetap terjaga dan penghuninya aman.