Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang memiliki peranan yang cukup vital. Hal tersebut disebabkan karena fungsinya, yaitu menjadi ruangan sebagai akses keluar dan masuknya para tamu. Itulah yang menyebabkan adanya tuntutan agar ruangan selalu terlihat  rapi dan bersih. Tuntutan tersebut bisa terlaksana bila dilakukan dengan cara yang tepat.

Hal mudah yang bisa dilakukan adalah dengan membayar tenaga yang dikerahkan oleh pembantu rumah tangga. Namun, anda tidak bisa selamanya bergantung dengan mereka. ada saat di mana anda harus membersihkan ruangan dengan tangan sendiri. Ada cara yang bisa dilakukan agar kegiatan tersebut tidak menguras tenaga anda. Caranya adalah dengan menyediakan beberapa barang di bawah ini agar ruang tamu bisa terjaga kebersihannya.

  1. Tempat sampah

Tempat sampah merupakan hal pertama dan utama yang harus ada di ruang tamu. Hal tersebut akan memudahkan pemilik rumah untuk membersihkan sampah yang ditinggalkan tamunya. Tidak perlu tempat sampah yang terlalu besar, cukup tempat sampah kecil yang cocok untuk digunakan di ruang tamu. Dengan menggunakan tempat sampah, pemilik rumah bisa langsung membersihkan sampah yang tersisa secara langsung ketika para tamu selesai berkunjung. Hal ini sangatlah membantu sehingga  pemilik rumah tidak perlu untuk membersihkan sampah kecil untuk dibawa ke tempat sampah besar yang terletak di belakang rumah. Hal yang harus dilakukan hanyalah mengosongkan isi tempat sampah kecil yang berada di ruang tamu ketika sudah terisi penuh. Menyediakan tempat sampah di ruang tamu bisa menjadi langkah yang efektif agar ruang tamu menjadi selalu bersih.

  1. Asbak, Benda yang satu ini wajib ada di ruang tamu

Asbak berguna untuk tempat abu rokok atau puntungnya yang sudah tidak lagi digunakan. Adanya asbak sangat berguna agar abu rokok tidak dibuang secara sembarangan sehingga dapat menimbulkan kekacauan. Dengan adanya asbak, para tamu yang merokok juga bisa dengan nyaman menghisap rokoknya tanpa perlu khawatir bagaimana cara mereka membuat abu dan puntung sisa. Asbak juga bisa digunakan sebagai tempat sementara bagi sampah kecil yang tercipta. Sampah kecil bisa berupa sisa bungkus plastik yang memang anda suguhkan untuk dinikmati oleh para tamu. Dengan adanya asbak juga akan memudahkan anda untuk membuangnya sekaligus ke tempat sampah seperti yang telah dijelaskan di nomor sebelumnya.

  1. Ruang tamu biasanya dilengkapi dengan pengharum ruangan.

Ada banyak jenis pengharum ruangan yang bisa dipasang. Salah satu saran yang bisa dicoba adalah pengharum ruangan otomatis. Waktu semprotan keluar bisa diatur sesuai dengan keinginan kita. Pengharum ruangan juga berguna untuk menetralkan beberapa bau menyengat, seperti bau asap rokok seperti yang telah dijelaskan di nomor sebelumnya. Bau tidak sedap yang lain juga bisa dinetralkan dengan pengharum ruangan yang digunakan. Pilih aroma yang sesuai dengan kepribadian anda agar anda juga suka dengan bau yang dikeluarkan oleh pengharum otomatis.

  1. Tisu

Selalu sediakan tisu. Benda ini sangat berguna sebagai lap yang sangat praktis untuk digunakan. Bila ada sesuatu yang tumpah, tisu bisa digunakan dengan cepat tanpa perlu khawatir dengan hal yang lain.

Barang-barang di atas hanyalah beberapa dari barang yang harusnya ada di ruang tamu. Semoga bermanfaat.

Verdant.id, Cilukba.