Berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain ruangan meeting ternyata sering dilupakan dan disalahartikan. Tapi ini menjadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan di dalam sebuah kantor. Apalagi mengingat jika ruangan meeting memiliki fungsi krusial untuk mendiskusikan banyak hal mengenai tindakan ataupun kebijakan dalam sebuah perusahaan.

Setelah tahu sepenting apa desain ruangan meeting tersebut, Anda juga perlu mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan saat mendesain ruangan meeting di kantor Anda. Tapi apa saja sih hal tersebut?

  1. Pencahayaan

Pencahayaan merupakan hal pertama yang perlu diperhatikan. Alasannya adalah ruang yang cukup penerangan cukup penting untuk menjaga kondisi ruang kerja tetap dalam keadaan yang baik.

Selain itu, pencahayaan yang cukup diklaim bisa membuat karyawannya lebih bahagia. Terbayang kan bagaimana tegangnya ruang meeting?

Bukan hanya itu, pencahayaan yang cukup bisa menghemat penggunaan listrik yang ada. Sehingga biaya operasional yang diperlukan pun bisa ditekan.

Untuk bisa menghadirkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan dinding berbahan kaca atau menunjukkan skylight.

  1. Warna

Warna dominan pada ruang meeting biasanya menggunakan warna netral. Mengapa demikian?

Warna netral seperti biru muda dapat memberikan ketenangan yang juga sekaligus meningkatkan konsentrasi dari para peserta meeting.

Tentu pada saat meeting, para karyawan harus bisa berkonsentrasi agar semua ide dapat tersampaikan dengan baik hingga menghasilkan sebuah keputusan bersama yang terbaik.

  1. Keamanan

Hal yang biasanya dibicarakan dalam ruang meeting bersifat rahasia. Artinya tidak semua orang bisa mengetahui hasil dari pertemuan tersebut.

Oleh karena itu, keamanan merupakan hal yang harus dijaga dengan ketat. Dilengkapi dengan CCTV tersembunyi misalnya. Tapi Anda tidak boleh secara terang terangan meletakkannya di sembarang tempat. Melainkan di bagian tersembunyi namun tetap bisa menjangkau semua area tersebut.

Disinilah fungsi desain ruang perlu diperhatikan dengan baik.

  1. Perabotan Kantor

Perabotan kantor juga? Selain untuk menghadirkan kesan aesthetic, perabotan juga berperan harus memerhatikan kenyamanan dari para karyawannya.

Untuk kursi misalnya. Memilih kursi yang nyaman ditempati bisa mengurangi tekanan yang ada.

Nah karena ruang meeting bukanlah tempat utama yang akan digunakan untuk bekerja, furnitur yang dipilih juga sebaiknya tidaklah rumit. Sebaliknya, Anda bisa memilih furnitur yang simpel.

Desain yang ada pun hendaknya sederhana dengan tone warna senada agar kesan serius tetap terjaga.

  1. Branding

Apa maksudnya branding dalam kegiatan desain?

Branding disini berarti menyesuaikan desain ruang meeting dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Mengapa harus demikian?

Hal tersebut dilakukan agar apa yang menjadi fokus usaha dapat terpresentasikan dengan baik. Tidak mungkin kan Anda akan menghiasi ruang meeting dengan desain makanan padahal usaha Anda sendiri berfokus pada properti?

Nah hal tersebutlah yang hendak ditekankan pada bagian ini.

Bagaimana menurut Anda? Apakah kantor yang Anda tempati sudah memiliki desain ruang meeting yang sesuai dengan hal di atas? Atau mungkin sedang berniat untuk merenovasinya?

Selain hal yang disebutkan di atas tentu masih ada hal lain yang perlu diperhatikan. Misalnya saja ketersediaan proyektor dan alat pendukung lainnya. Tentu ruangan tersebut harus didesain sedemikian rupa agar tidak terlihat riweuh dan terkesan berantakan.

Dan yang paling penting untuk dicatat disini adalah bahwa ruangan tersebut bisa mencerminkan bagaimana budaya yang sudah terbentuk dalam lingkup kantor terkait. Cukup mudah bukan? Itulah berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain ruangan meeting menurut Kami.