Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak bangunan masjid yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Uniknya, berbagai komponen dalam mendesain masjid yang digunakan antara yang satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan.

Perbedaan yang ditimbulkan tersebut didasarkan pada budaya dan adat yang berkembang pada daerah terkait. Begitu pula dengan mendesain Masjid Agung Semarang di Jawa Tengah.

Apakah Anda pernah mengunjungi Masjid Agung Semarang? Atau sekadar mengetahuinya?

Masjid yang didesain megah dan menawan ini bukan hanya menjadi tempat beribadah bagi umat muslim. Tapi juga menjadi pusat kegiatan dan pembelajaran bagi warga sekitarnya. Selain itu, masjid ini juga dibuka untuk kepentingan wisata religi.

Saking menariknya, desain dari masjid agung ini telah banyak menginspirasi orang dalam pembangunan suatu gedung. Tapi apa saja komponen unik yang ada pada masjid ini? Apakah Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Replika Bedug Raksasa

Salah satu interior yang banyak menarik perhatian adalah adanya replika bedug raksasa. Meskipun hanya replika, bedug ini dibuat dari kulit lembu asli asal Australia.

Memiliki ukuran 310 x 220 cm, bedug replika ini dibuat oleh salah satu santri dari Pesantren Alfalah Mangunsari, Jatilawang, Banyumas, Jawa Barat.

  1. Tongkat Khatib

Apa yang istimewa dari tongkat Khatib di Masjid Agung Semarang ini?

Usut punya usut, tongkat khatib tersebut merupakan hadiah dari Sultan Hassanal Bolkiah asal Bruney Darusalam.

  1. Auditorium

Memiliki bangunan yang sangat luas, model arsitektur dari masjid ini juga dilengkapi dengan auditorium yang bisa menampung orang hingga 2000.

Biasanya, Auditorium ini digunakan untuk acara pameran, tempat diselenggarakannya acara pernikahan, dan masih banyak event lain yang rutin diadakan disini.

Agar semua bagiannya tertata dengan akurasi yang cocok dan tepat, auditorium ini diletakkan di sisi sayap Masjid bagian kanan.

  1. Al Qur’an Raksasa

Al qur’an raksasa? Mengapa tidak?

Masjid Agung Semarang juga memiliki Al qur’an raksasa sebagai salah satu koleksinya. Keunikannya adalah ukurannya yang besar, diperkirakan mencapai ukuran 145 x 95 cm, dan ditulis dengan tangan. Istilah kerennya handwriting.

Peletakannya juga diperhatikan dengan baik. Untuk memperindah sekaligus mengamalkan fungsinya untuk dibaca, Al Qur’an ini diletakkan di ruang utama, atau tempat yang biasa digunakan untuk beribadah sholat.

Baca juga: Desain Rumah Klasik yang Menawan Ala Adat Jawa Modern

  1. Menara Asma Al Husna

Berdirinya menara pada Masjid Agung Semarang ini memiliki filosofi yang dalam. Seperti yang Kita ketahui, dulu mayoritas masyarakat di Jawa beragama Hindu.

Nah alasan pencampuran kebudayaan itulah yang banyak memengaruhi desain arsitektur masjid ini.

Uniknya lagi, menara yang memiliki setidaknya 19 lantai dan tingginya yang mencapai 99 meter, memungkinkan Anda melihat seluruh kota Semarang dari atas menara menggunakan teropong yang disediakan.

  1. Payung Masjid

Desain masjidnya  dibuat mirip dengan Masjid Nabawi yang ada di Madinah sana dengan menambahkan aksen payung elektrik yang terpasang pada halaman depan masjid.

Terdapat 6 payung raksasa dengan ukuran 14 meter untuk diameternya dan 20 meter untuk ketinggiannya. Payung ini dibuka dan ditutup bergantung pada kebutuhan masjid tersebut. Tapi satu hal yang pasti, payung itu akan dibuka setiap hari Jumat.

Menarik sekali bukan? Setelah membaca sedikit ulasan tentang berbagai komponen pada Masjid Agung Semarang yang unik dan menawan, apakah Anda terinspirasi untuk membuat bangunan dengan konsep serupa?