Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang memiliki peran penting dalam rumah. Kita bisa membersihkan diri sebelum atau sesudah menjalankan aktivitas dalam ruangan tersebut. Ada banyak kebiasaan yang dilakukan saat kita menggunakannya. Berhubungan dengan hal tersebut, ukuran tentu menjadi hal yang dipertimbangkan.

Bila memiliki ukuran rumah yang tidak terlalu besar, luas kamar mandi sering kali menjadi korban untuk dikurangi sedemikian rupa. Tentu saja itu bisa menjadi hambatan dalam melakukan kegiatan yang bisa membuat badan menjadi segar. Meski demikian, ada beberapa cara atau bentuk yang bisa dipertimbangkan ketika memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Berikut ini adalah cara-caranya.

  1. Bathtub masih tetap bisa digunakan dalam ruangan kecil

Berendam dalam bathtub dapat menjadi salah satu kegiatan yang bisa menyegarkan badan dan pikiran. Cara ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki jadwal padat sehingga tidak sempat untuk bepergian jauh untuk melakukan refreshing. Bila memiliki ukuran kamar mandi yang tidak terlalu luas, bathtub masih bisa digunakan. caranya adalah dengan mengikuti desain seperti yang terlihat pada gambar di atas. Cari ukuran bathtub yang tidak terlalu besar sehingga masih tetap bisa masuk dalam kecilnya ukuran kamar mandi. Bila telah melakukan cara tersebut, dijamin kegiatan mandi akan terasa jauh lebih menyenangkan.

  1. Kamar mandi tak perlu bak

Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk membangun kamar mandi dengan bak di dalamnya. Hal tersebut tentu saja menjadi penghalang bila luasan yang dimiliki kecil. Hal yang bisa dilakukan apabila seperti itu adalah dengan menghilangkan keberadaan bak mandi. Ganti perabotan tersebut dengan memasang shower. Selain menghemat ruang, shower juga bisa menjadi salah satu cara menghemat air. Air yang akan digunakan hanya akan keluar ketika dibutuhkan. Bila sedang tidak digunakan, air akan berhenti. Hal tersebut ikut membantu menjaga kesehatan lingkungan, bukan?

  1. Pembatas kaca

Hal yang dipikirkan bagi orang-orang yang memiliki luas lahan tempat tinggal yang sempit adalah membagi semua lahan agar sesuai dengan kebutuhan anggota keluarga. Seperti yang telah dijelaskan, ukuran kamar mandi sering kali menjadi korban. Bila sudah demikian, hal selanjutnya yang menjadi bahan pikiran adalah bagaimana cara membagi ruang untuk mandi dan toilet. Sering kali kita terpaku untuk memisahkan kedua ruang tersebut. Padahal ada cara untuk menanggulangi itu, yaitu dengan meletakkan sekat kaca di antara shower dan kloset. Hal ini akan sangat membantu pemilik rumah untuk mengatasinya.

  1. Dominasi warna hitam

Warna juga bisa menjadi salah satu cara untuk menanggulangi permasalahan ukuran  yang tidak terlalu besar. Hitam merupakan warna yang bisa memberikan ilusi berupa ruangan yang menjadi besar. Jangan lupa untuk memberikan tambahan kaca agar ruangan terlihat semakin besar.

  1. Kamar Mandi dipasang rak dinding

Barang-barang yang dibutuhkan tetap bisa diletakkan dalam kamar mandi meskipun ukurannya tidak besar. Caranya adalah dengan memasang beberapa rak pada dinding. Hindari untuk meletakkan lemari atau perabotan lain yang tidak penting.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan. selamat mecoba

Verdant. Cilukba.