Kamar tidur menjadi bagian penting yang ada dalam rumah.  Ruangan ini memiliki fungsi sebagai tempat istirahat. Baik orang dewasa atau anak-anak, sebaiknya memiliki kamar tidur sendiri agar semua kegiatan bermanfaat dalam keseharian bisa dilakukan di sana. Seperti yang kita tahu, kamar tidur tidak sepenuh difungsikan sebagai istirahat, sebagian orang masih menggabungkan kamar tidur juga sebagai tempat belajar atau bekerja.

Buat anak-anak, kamar tidur berperan penting karena di sana bebas mengekspresikan dirinya. Ekspresi diri itu tentu saja digunakan sebagai ajang pengembangan daya pikir dan kreativitas. Tempat tidur sebisa mungkin diatur sedemikian rupa agar nyaman untuk digunakan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memikirkan desain apa yang bisa digunakan. Penentuan desain kamar tidur anak bisa dilakukan dengan bertanya kepada buah hati hal apa yang ingin dipasang di kamar tidurnya. Beberapa akan memilih untuk memasang gambar karakter favorit dan lain sebagainya. Di bawah ini ada beberapa desain kamar tidur anak yang mungkin bisa dijadikan pilihan.

  1. Karakter kartun favorit

Seperti yang telah disebutkan, karakter kartun adalah desain yang paling banyak dipilih oleh anak-anak. Hal itu disebabkan karena karakter kartun bisa membuat anak-anak merasa bahagia. Kesenangan atas imajinasi mereka bisa tersalurkan dalam desain tersebut. Cara ini sangat mungkin untuk diaplikasikan. Mulai dari dinding, sprei, tirai penutup jendela, desain perabotan, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali pilihan yang disediakan toko bangunan dan bisa langsung dipasang pada kamar tidur anak. Dijamin desain seperti ini akan membuat anak-anak menjadi betah melakukan kegiatannya di dalam kamar.

  1. Desain kastil

Dunia anak-anak dipenuhi dengan karakter film dengan latar belakang kerajaan. Banyak putri-putri cantik yang menjadi hiburan, apalagi bagi anak-anak perempuan. Salah satu desain kamar tidur yang bisa digunakan adalah desain kastil atau istana. Desain ini akan sangat cocok untuk menunjukkan kerajaan yang ada dalam film kartun kegemarannya. Ornamen utama yang bisa digunakan untuk menampilkan desain ini adalah dengan membuat ornamen istana asli yang dipasang di dinding tepi tempat tidur seperti yang terlihat dalam gambar. Cara ini pasti akan disukai oleh anak-anak.

  1. Desain dengan warna feminin

salah satu warna yang menjadi kegemaran anak-anak perempuan adalah warna feminin, yaitu merah muda. Warna ini dianggap sangat mewakili karakter anak-anak perempuan yang lucu, lugu dan menggemaskan. Salah satu karakter kartun yang banyak menggunakan warna merah muda adalah hello kitty. Kucing menggemaskan ini akan menarik perhatian bila digunakan sebagai desain kamar anak. Anak-anak akan semakin nyaman melakukan aktivitas di kamar tidur.

  1. Desain warna-warni

Bila desain sebelumnya telah dipenuhi oleh karakter fantasi, saran desain kamar tidur anak selanjutnya mungkin bisa lebih tahan lama. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan karena desainnya yang menggunakan perpaduan warna. Ada banyak warna yang bisa dikombinasikan dan ini bisa disamakan dengan warna favorit sang anak. Memilih desain seperti ini akan membuat desain bertahan lebih lama karena tetap bisa digunakan meski anak sudah beranjak dewasa. Perpaduan warna yang akan digunakan tidak hanya diaplikasikan pada cat dinding, tapi juga perabotan yang akan digunakan.

  1. Konsep berkemah

Bila ingin melakukan hal yang berbeda, konsep kemah bisa dijadikan pilihan. Coba atur tempat tidur menyerupai tenda saat berkemah di luar ruangan. Hal ini tentu saja memberikan pengalaman yang berbeda bagi anak-anak.

Beberapa desain di atas sangat mudah untuk dilakukan. Mintalah saran ahli desain bila mengalami kesulitan.

cilukbaa, Verdant