Memiliki rumah adalah salah satu bentuk keinginan yang dimiliki banyak orang. Hal tersebut dikarenakan pentingnya fungsi rumah. Rumah berguna sebagai tempat berlindung dari segala cuaca serta menjadi tempat berkumpul dengan anggota keluarga. Rumah menjadi tempat yang paling tepat sebagai wadah berinteraksi antar anggota setelah melaksanakan banyak kegiatan. Itulah mengapa sebisa mungkin rumah dibuat menjadi nyaman.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar rumah bisa dipakai sebagai tempat berkumpul yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menyediakan fasilitas kolam renang. Namun, seringkali masih banyak orang yang mengalami kesulitan tentang bagaimana desain kolam renang yang artistik.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara yang tepat untuk mengatur kolam yang ada di rumah anda.

  1. Kolam renang outdoor

Sebaiknya,  tidak diletakkan di ruang tertutup atau indoor. Hal tersebut dilakukan agar sirkulasi udara yang ada bisa semakin lancar. Bila anda berencana untuk membuat kolam renang sebagai salah satu ruang dalam rumah yang dapat digunakan untuk mempererat kekeluargaan, lebih baik diletakkan di area terbuka. Lengkapi kolam yang akan anda buat dengan sebidang tanah yang tidak terlalu luas. Area tersebut bisa digunakan sebagai tempat pesta kecil-kecilan. Anda bisa memanggang sosis dan menyantap makanan lain sembari menemani anggota keluarga yang lain bermain air.

  1. Bentuk kolam renang harus disesuaikan dengan kebutuhannya

Memilih bentuk kolam tidak bisa asal pilih. Bentuknya harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Ada beberapa orang yang membuatnya sebagai tempat latihan berenang, tapi ada juga yang membuatnya dengan alasan yang lain. Kolam renang dibangun sebagai sarana bermain atau berendam.

Bila anda ingin membuat kolam yang digunakan sebagai latihan berenang, akan lebih baik bila kolam renangnya berbentuk persegi panjang. Bentuk ini akan memudahkan anda untuk melatih berbagai macam gaya renang yang ingin dipelajari. Namun, bila anda membangun hanya untuk digunakan sebagai sarana bermain atau berendam, akan lebih baik bila kolam renang dibangun dalam bentuk melengkung, oval atau lingkaran misalnya.

  1. Jangan lupa untuk merancang tangga secara pas

Salah satu hal yang sering terlupa dari membangun kolam renang adalah bagaimana desain tangga sebagai jalan keluar dan masuk dari kolam. Lebih baik, pembangunan tangga disesuaikan dengan anggota keluarga. Akan lebih baik dan lebih aman bila membangun tangga yang ramah terhadap anak kecil. Apalagi bila anda memang membangun kolam sebagai sarana anak-anak untuk belajar berbagai macam gaya dalam olah raga. Jangan sampai pembangunan tangga yang salah menjadi penghambat anak-anak untuk berlatih berbagai macam gaya yang dibutuhkan.

  1. Furnitur pelengkap yang harus tersedia

Salah satu perabotan penting yang harus ada di sekeliling kolam  adalah tempat duduk. Anda bisa memilih berbagai macam bentuk kursi santai yang cocok digunakan untuk melengkapi kolam renang. Kursi yang tersedia bisa digunakan sebagai tempat bersantai ketika ada anggota keluarga yang memutuskan untuk tidak berenang. Dengan begini, kenyamanan setiap orang akan lebih terjamin.

Setelah merancang berbagai macam bentuk dan desain kolam sesuai dengan yang diinginkan, jangan lupa untuk membuat anggaran dana dari pembangunan tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar tidak terjadi pembengkakan biaya yang mengharuskan anda untuk menyiapkan dana yang lebih besar lagi. Anda bisa meminta pertolongan orang yang ahli di bidangnya agar pembangunan kolam renang bisa lebih terpantau.