Fungsi ruang tamu terkadang tidak hanya mengenai ‘ruang untuk menerima tamu’ tetapi juga sebuah tempat untuk menjalin relasi, keakraban, percakapan, dan termasuk sebagai ruang pembatas antara kehidupan privasi tuan rumah dengan dunia luar. Lahan rumah yang terbatas terkadang memberi keterbatasan pula untuk memiliki ruang tamu luas yang diisi sofa-sofa lebar. Namun, untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya ada cara yang lebih menarik untuk diterapkan, yaitu mendesain ruang tamu tanpa kursi. Meskipun tanpa memiliki kursi, Anda tetap bisa mendapatkan desain set ruang tamu yang unik sekaligus cantik.

Cara Memiliki Ruang Tamu Unik Tanpa Kursi

Desain interior ruang tamu selalu mendapatkan perhatian khusus bagi kebanyakan pemilik rumah. Sebagian besar desain untuk ruangan ini memang selalu didominasi penggunaan kursi maupun sofa, tetapi tidak ada kewajiban bagi Anda untuk menerapkan hal tersebut pada rumah Anda. Membuang kursi dari rencana penataan ruang tamu bukanlah tindak kejahatan. Oleh sebab itu, apabila Anda tertarik dengan ruang tamu tanpa kursi, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

  1. Menggunakan bantal duduk dan karpet

Cara paling mainstream dan umum adalah dengan menggunakan karpet dan meletakkan bantalan duduk di ruang tamu. Meskipun hal ini umum, bukan berarti Anda tidak bisa membuat tampilan ruang tamu lebih memikat. Gunakan permainan warna pada dinding maupun motif karpet dan bantal yang digunakan. Penambahan rak untuk meletakkan aksesori pada sudut-sudut tertentu juga akan memberi nuansa yang berbeda. Bingkai potret atau lukisan yang temanya berpadu dengan furniture lainnya juga akan menghasilkan ruangan yang lebih menarik. Menambahkan meja berkaki pendek juga bisa menjadi ide bagus.

  1. Menggunakan pendekatan oriental untuk mendapatkan gaya yang unik

Tidak seperti budaya Eropa yang biasa menerima tamu di atas sofa, Jepang memiliki budaya tatami yang lekat dengan keseharian mereka. Mulai dari pertemuan di atas meja makan sampai menyambut tamu, bantal duduk dan meja kayu menjadi instrument penting di kebudayaan Jepang. Anda juga bisa mengadopsi desain ini untuk menciptakan nuansa ruang tamu yang unik dan oriental. Tatami pada rumah-rumah Jepang dapat Anda ganti dengan permadani yang lebih mudah dicari. Jika masih kelebihan space, Anda juga dapat menambahkan rak buku atau rak aksesori.

  1. Alas busa menjadi alternatif ketiadaan sofa

Selain ruang tamu yang mengiblat budaya Jepang, Anda juga dapat mengadopsi tempat duduk lesehan khas suku Badui Maroko. Tempat duduk dari busa dengan kombinasi warna-warna mencolok seperti merah, oranye, biru, hingga ungu dan hijau akan memberikan nuansa bohemian. Apalagi jika desain interior ruang tamu Anda juga mendukung gaya ini, seperti pemilihan cat dinding, jendela, hingga gorden.

  1. Menggunakan rak terbuka untuk sekat dengan ruang lainnya

Rak terbuka pada ruang tamu memiliki beraneka fungsi. Mulai dari sebagai sekat dengan ruangan lainnya, dan juga pemanis untuk meletakkan barang-barang yang dapat menghibur tamu Anda. Misalnya, Anda dapat meletakkan buku atau koleksi mainan ke dalam rak tersebut. Dengan begitu, ketika tamu datang mereka tidak akan merasa bosan. Efek dari tamu yang merasa senang adalah pembicaraan yang akan mengalir lebih intim dan akrab.

Pada intinya, desain set ruang tamu yang unik bisa dibuat dengan berbagai cara. Bahkan jika rumah Anda memiliki desain arsitektur yang sederhana, bukan tidak mungkin untuk menciptakan keunikan tersendiri di ruang tamu tersebut. Yang terpenting adalah fungsi ruang tamu tidak dihilangkan, yaitu untuk menerima tamu dengan baik.