Dalam dunia arsitektur, maket bukanlah merupakan hal asing. Penggunaannya sangat diperlukan pada karya arsitektur, Dengan adanya maket para arsitek bisa menjadikannya sebagai representasi dari keadaan sebenarnya menuju keadaan yang akan diciptakan. Jika dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan maket, maka dalam bahasa Inggris disebut dengan mock-up. 

Apa itu Maket?

Secara bahasa maquette merupakan sebuah demonstrasi yang bertujuan untuk meningkatkan tampilan umum atau sesuatu dari yang kita rencanakan. Dalam dunia arsitektur maket adalah model miniatur atau tiruan dari obyek bangunan yang diperkecil dengan skala tertentu.

Maket juga bisa diartikan sebagai miniatur atau bentuk tiruan yang menyerupai rumah, gedung, pesawat, kapal dan benda lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Jenis-Jenis Maket

Menurut Andi Prastowo (228: 2015) bahan ajar maket dapat dikelompokan ke dalam enam kategori yaitu:

1.  Model Padat (Solid Model)

Model padat merupakan jenis model yang memperlihatkan bagian permukaan luar dari objek (benda). Selain itu, dalam model ini bagian-bagian yang membingungkan ide utama dari bentuk, warna dan susunannya sering kali dibuang.

2. Model Penampang (Cutaway Model)

Model penampang adalah jenis model yang  memperlihatkan bagaimana suatu objek terlihat, jika bagian permukaannya diangkat untuk mengetahui susunan bagian dalamnya. Model ini sebagian ada yang menamakannya dengan model X-ray atau cross section yaitu model penampang memotong.

3. Model Susun (Built-up Model)

Model susun adalah jenis model yang terdiri atas beberapa bagian objek (benda) yang lengkap atau sedikitnya suatu bagian pokok dari objek tersebut. Contohnya model torso untuk memahami anatomi tubuh manusia, seperti mata, telinga, jantung, tengkorak, otak dan sebagainya.

4. Model Kerja (Working Sheet)

Model kerja adalah jenis model yang berupa tiruan dari suatu objek (benda) yang memperlihatkan bagian luar objek  asli (sebenarnya), dan mempunyai beberapa bagian dari benda yang sesunggunya.

5. Mock-ups

Mock-ups merupakan jenis model yang berupa suatu penyederhanaan susunan bagian pokok dari suatu proses atau sistem yang lebih ruwet. Susunan nyata dari bagian-bagian utama itu diubah, sehingga aspek-aspek utama dari suatu proses mudah dipahami.

6. Diorama

Diorama adalah jenis model berupa sebuah pemandangan tiga dimensi mini untuk menggambarkan pemandangan yang sebenarnya. Pada umumnya, diorama terdiri atas bentuk-bentuk sosok atau objek-objek (benda-benda) yang ditempatkan di atas pentas yang berlatar belakang lukisan yang disesuaikan dengan penyajiannya.

Baca juga: Dinding Partisi Berdasarkan Materialnya

Fungsi Maket

Maket memiliki tujuan dan fungsi sebagai media pembelajaran. Menurut Prastowo (2015: 238) menyatakan bahwa:

1.  Menyederhanakan objek atau benda yang terlalu sulit, terlalu besar, atau terlalu mahal jika dihadirkan di kelas secara langsung dalam bentuk aslinya.

2. Memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik terhadap suatu objek atau benda, meskipun hanya bentuk tiruan.

3. Memudahkan penjelasan tentangsuatu objek atau benda dengan menunjukan tiruan benda aslinya.

Study libid