waktu yang tepat memulai konstruksi rumah
Membangun rumah membutuhkan proses tertentu dan tidak bisa tiba-tiba dimulai. Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan waktu yang tepat untuk memulai proses pembangunan rumah atau bangunan anda yang perlu anda jadikan pertimbangan

Setelah semua perencanaan awal matang maka tibalah waktunya untuk menentukan kapan rumah akan mulai masuk ketahap pembangunan. Dengan berbagai kondisi yang ada di Indonesia, memilih waktu yang tepat memulai konstruksi rumah bisa jadi sebuah keputusan yang dapat mempengaruhi kelancaran pembangunan yang anda lakukan. Sebenarnya demikian pula dimanapun konstruksi dilakukan diseluruh dunia.

Sebagai penulis, hingga saat ini kami belum menemukan tulisan atau riset ilmiah tentang hal ini. Sehingga barangkali subjek ini dapat jadi bahan penelitian bagi akademisi yang mungkin menemukan artikel ini. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman kami selama ini dilapangan serta beberapa referensi artikel luar maupun dalam negeri yang menurut kami masih perlu penelusuran lebih lanjut pula.

Untuk itu mari kita lihat poin per poin apa saja yang dapat jadi pertimbangan pemilihan waktu untuk memulai konstruksi bagi rumah anda :

  1. Musim panas atau musim hujan? Bukan hanya air, bahkan kelembaban juga dapat mempengaruhi pekerjaan konstruksi rumah anda baik untuk eksterior maupun interior. Pada saat hujan hampir semua pekerjaan outdoor tidak dilakukan. Hal ini tentunya dengan banyak pertimbangan yang masuk akal, misalnya : penggalian pondasi akan terhambat dengan masuknya air pada galian. Pengecoran meski semen mengeras lebih baik pada air juga tidak mungin dilakukan diawal-awal penuangan cor. Bahkan untuk pekerjaan finishing tembok juga bisa tidak maksimal karena tingkat kelembaban pada musim hujan bisa dipastikan lebih tinggi dibandingkan musim kemarau. Namun demikian, pada musim hujan air lebih mudah didapatkan dan di banyak daerah di Indonesia hal ini cukup krusial. Dibeberapa tempat, dimusim hujan, air harus dibeli untuk meneruskan pekerjaan. Tapi apakah musim panas lebih baik? Tentu pada musim panas juga memiliki hambatannya tersendiri. Misalnya soal air sebagai mana dijelaskan sebelumnya. Selain untuk mendapatkan air lebih sulit, pada musim panas juga cukup berdebu. Kondisi ini dapat menyulitkan terutama pada tahap finishing. Cat-cat eksterior perlu kewaspadaan waktu diaplikasikan saat angin bertiup cukup kencang dan membawa banyak debu. Dari pengalaman kami, banyak dari kontraktor memilih bekerja saat musim panas, namun sudah dimulai dipenghujung musim hujan. Saat tanah masih cukup basah dan kuat, pekerjaan boplang dan struktur secara teknis cukup baik dikerjakan pada saat ini.
  2. Liburan dan hari raya keagamaan. Kondisi ini tentunya sudah dapat kita pahami. Pada perayaan hari Raya keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha dan sebagainya, biasanya para tukang atau kontraktor akan meliburkan diri. Namun demikian yang perlu jadi perhatian sebenarnya adalah harga material. Banyak dari harga-harga material terutama menjelang hari raya terutama hari raya Idul Fitri seringkali mengalami kenaikan, misalnya besi yang setiap tahun mengalami kenaikan.
  3. Kepercayaan. Didalam Islam ada perhitungan terhadap hari untuk berbagai kegiatan termasuk kapan harus mulai membangun rumah dan kapan rumah di tinggali. Begitu juga yang percaya pada Fengsui dan mungkin kepercayaan yang lainnya.
  4. Kapan rumah anda harus selesai. Waktu pekerjaan konstruksi di Indonesia biasanya lebih mudah di estimasi oleh kontraktor di bandingkan tukang yang di bayarkan harian. Rumah tipe 32 biasa bisa di selesaikan 3 bulan oleh kontraktor bahkan dengan mengerjakan beberapa unit secara paralel. Sedangkan rumah tipe 60an keatas bisa juga dikerjakan dalam waktu cepat jika ada advance yang dibayarkan, sehingga kontraktor bisa menghire lebih banyak orang atau subkontraktor.
  5. Ketersediaan dana untuk pembangunan. Tentunya kita tidak bisa memulai konstruksi tanpa adanya modal. Pada konstruksi, modal ini pada tahap awal biasanya digunakan untuk membeli berbagai keperluan material. Atau jika anda menggunakan kontraktor, modal ini digunakan untuk membayar down payment atau DP pada kontraktor tersebut. Setelah DP dibayarkan maka juga perlu dipastikan pembayaran termin per termin berjalan dengan lancar.

Sadar atau tidak pertimbangan untuk waktu yang tepat memulai konstruksi rumah pasti ada pada setiap orang yang ingin membangun rumah. Letakkan pertimbangan yang menjadi prioritas utama anda sesuai dengan target yang ingin anda capai.