Desain booth yang bagus sangat penting dalam menarik perhatian pengunjung, tidak heran jika para pemilik booth di acara pameran biasanya berlomba-lomba untuk menampilkan sesuatu yang spektakuler. Semakin banyak yang tertarik, kemungkinan produk Anda terjual juga semakin tinggi. Booth pada pameran biasanya didesain pada area indoor atau outdoor. Komposisi dasar keduanya dibuat sesuai dengan area yang digunakan. Namun, desain booth outdoor memang lebih sulit pengaplikasiannya. Untuk lebih tahu, berikut ini adalah hal-hal yang diperhatikan untuk mendesain booth outdoor yang ideal.

Cara Mendesain Booth Outdoor yang Baik untuk Memikat Pengunjung

Coba perhatikan hal berikut ini ketika Anda ingin membuat desain booth outdoor untuk acara pameran.

  1. Selalu perhatikan komposisi pembuatan booth

Dalam perancangan atau desain awal booth outdoor, ada baiknya Anda memperhatikan komposisi booth yang akan dibuat. Komposisi tersebut meliputi kesatuan dan padu padan antara bentuk booth, warna, teks, dan juga gambar atau motif yang digunakan. Perpaduan tersebut harus menghasilkan susunan yang menyatu, sehingga hasilnya benar-benar terlihat menarik.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan komposisi booth yang baik dan ideal, antara lain dengan menyusun visual sesuai hirarki, contohnya seperti di mana harus meletakkan logo, dan harus di mana meletakkan informasi lainnya. Ada juga cara lain, yaitu menggunakan konsep kontras. Biasanya penggunaan komponen kontras ini akan menghasilkan visual yang lebih playfull sehingga booth Anda terlihat ceria, tidak formal, bebas, dan absurd. Cocok untuk mengonsep sesuatu yang berhubungan dengan anak muda. Atau, Anda juga bisa menekankan pada point of interest booth Anda. Misalnya, membuat logo berbentuk unik, yang akan langsung menarik perhatian siapa saja.

  1. Warna booth memengaruhi ketertarikan pengunjung

Dalam dunia arsitektur, warna menjadi poin penting untuk memain-mainkan desain. Kombinasi warna-warna tertentu bahkan dapat menghasilkan ilusi visual. Namun, yang terpenting dari sebuah booth outdoor adalah warna yang dikombinasikan harus menarik, eye catching, dan tidak semrawut. Kombinasi warna yang berlebihan tidak disarankan karena akan membuat mata tidak fokus. Inilah mengapa booth outdoor biasanya menggunakan perpaduan dua atau tiga warna saja. Warna yang dipilih juga sebaiknya tidak plain, supaya bisa menarik perhatian orang yang jaraknya cukup jauh dari booth.

  1. Perhatikan tata letak elemen grafis

Baik untuk booth indoor maupun outdoor, sangat penting untuk selalu memperhatikan elemen-elemen grafis. Mulai dari seberapa jauh ukuran tulisan pada booth, warnanya, jenis tulisan, dan cara peletakannya yang benar. Untuk booth outdoor sendiri, grafis utama sebaiknya bisa dilihat dari jarak jauh. Misalnya, logo dibuat dengan tulisan yang besar, warna yang mudah dikenali mata, dan jenis tulisan yang mudah dibaca. Peletakannya biasanya ada di atas booth sehingga bisa dikenali banyak orang.

  1. Booth yang memicu rasa penasaran

Dalam mendesain booth outdoor, sangat penting untuk menarik simpati calon pengunjung dengan membuat mereka penasaran. Hal itu bisa dilakukan dengan memaksimalkan desain pada bagian display paling luar, memberikan sajian musik tertentu, atau juga menampilkan gambar beresolusi tinggi yang dikomposisikan dengan tepat sebagai upaya promosi.

  1. Visual booth adalah branding untuk perusahaan

Visual booth ini sangat berhubungan dengan desain interior dan penataan produk. Desain interior yang diterapkan harus sesuai dengan sasaran konsumen Anda. Misalnya, booth Anda untuk anak muda, maka disarankan mendesain bagian dalam booth dengan hal-hal yang disukai anak muda zaman sekarang. Dalam hal ini, penataan lampu untuk pencahayaan dan akses konsumen untuk melihat produk menjadi poin yang harus dipikirkan dengan matang.