Perencanaan dan Desain merupakan tahap pembangunan rumah yang dapat memberikan anda gambaran secara utuh tentang berapa banyak dana, waktu dan SDM yang akan terlibat dalam pembangunan yang anda lakukan.

Perencanaan Desain Rumah Yang Komprehensif merupakan bagian dari tahap perencanaan yang harus anda lakukan sebelum membangun rumah.

Mungkin anda pernah mendengar quote dalam bahasa inggris Good Planning is Half The Battle yang mendefenisikan betapa pentingnya membuat sebuat perencanaan. Dalam membangun sebuah rumah, desain dapat dikatakan sebagai petunjuk yang paling menentukan proses yang akan tempuh nantinya. Membuat desain yang komprehensif dapat mempermudah anda dalam proses mengerjakan rumah anda.

Kita bisa mendapatkan desain rumah dari siapapun. Namun demikian kita tentunya bisa sepakat desain yang baik hanya bisa kita dapatkan dari ahlinya yaitu Arsitek. Telah menyelesaikan kuliahnya minimal 4 tahun, menempa pengetahuan yang telah didapatkan dalam pengalaman, harus mengurus dan memiliki sertifikat dari LPJK atau IAI tentunya diharapkan dapat menghasilkan Arsitek yang dapat diandalkan. Tentu hasil yang maksimal baru bisa didapatkan jika ada kerjasama dan brief yang memadai dari anda pula.

Tidak bermaksud mendeskreditkan profesi yang lain, namun dengan memesan pekerjaan desain rumah anda dari Arsitek anda akan mendapatkan bukan hanya pertimbangan visual, namun juga personal dan tentunya teknis.

Perencanaan Desain Rumah Yang Komprehensif

Desain dari Arsitek juga perlu ditambahkan dengan perhitungan dari Teknik Sipil tentang Soil Test dan Sondir. Selain itu keterlibatan Ahli Geodesi juga tidak bisa di abaikan untuk pengukuran tanah. Desain yang komprehensif juga berarti melibatkan ahli yang lain seperti MEP, Interior hingga Arsitek Landscape jika anda akan membuat taman yang cukup luas.

Semua hal tersebut bisa dilengkapi dengan pengurusan IMB dan Manajer Proyek jika semua yang anda butuhkan di urus dalam satu payung Konsultan tertentu dan biasa disebut sebagai Konsultan Perencanaan. Dengan demikian jika dijabarkan jasa yang bisa anda gunakan dalam pembangunan rumah yang anda lakukan adalah sebagai berikut :

No Tenaga Ahli Pekerjaan Sub Pekerjaan SDM Produksi Material Waktu
1  Teknik Geodesi  Pengukuran
2  Teknik Sipil  Soil Test
 Sondir
 Desain Pondasi
 Desain Struktur
3  Arsitek  Desain Bangunan  Eksterior
 Landscape  Taman
 Interior  Interior
4  MEP  Mechanical Electrical Plumbing
5  Hukum  Izin Mendirikan Bangunan
6  Manajer Proyek  Pengawasan Pekerjaan

Dengan demikian dalam pekerjaan Perencanaan dan Desain ini akan menghasilkan output sebagai berikut :

  1. Hasil Pengukuran Tanah
  2. Hasil Analisa Tanah
  3. Hasil Sondir
  4. Desain Arsitektur
    1. Konsep
    2. Preview
    3. Dokumen Kerja (hingga DED)
  5. Desain Pondasi
  6. Desain Struktur
  7. Desain Interior
    1. Konsep
    2. Preview
    3. Gambar Kerja
  8. Izin Mendirikan Bangunan
  9. Perhitungan Material
    1. Material yang digunakan
    2. Volume
    3. Perkiraan Harga
  10. Timeline Pengerjaan
    1. Tahap Pembelian Material
    2. Tahap Penggunaan SDM
    3. Tahap Pengerjaan
  11. Jumlah SDM yang digunakan pada masing-masing tahap pembangunan

Output ini bervariasi tergantung konsultan yang anda pilih atau jasa-jasa yang ingin anda gunakan. Semakin banyak yang anda serahkan pada ahli, semakin besar biaya yang anda keluarkan namun pekerjaan anda juga semakin mudah dan kontrol terhadap waktu dan kualitas seharusnya lebih terjamin.

Kesimpulannya, semakin komprehensif perencanaan pekerjaan, hingga pengawasan yang anda buat semakin jelas semua dana, waktu dan effort yang akan anda keluarkan dalam pembangunan rumah anda.