Rumah modern merupakan konsep yang sudah sangat umum digunakan, apalagi oleh anak-anak muda kekinian yang berencana mendesain rumah sendiri. Dengan tampilannya yang tidak mewah dan juga tidak terlalu sederhana, tentu Anda bisa membuatnya tetap menarik. Karena itulah, Anda perlu mengetahui bagaimana mengembangkan ide desain rumah yang modern menjadi terlihat menarik dan keren.

Ada beberapa trik yang perlu Anda terapkan agar rumah terkesan modern dengan penataan eksterior maupun interior yang tepat. Penasaran? Berikut tips-tips yang biasanya dipakai oleh para pemilik rumah modern kekinian.

  1. Menggunakan perubahan level

Perubahan level yang dimaksud adalah lantai yang diberikan sedikit tingkat untuk membatasi fungsi ruang. Sebenarnya tidak banyak yang memakai konsep yang satu ini, khususnya ada anggota keluarga yang kesulitan dengan tangga. Padahal, dengan memakai perubahan level, fungsi ruang menjadi semakin kuat dan penataannya pun terlihat unik.

Anda tidak perlu menambahkan lagi dinding pembatas karena sangat cocok dipadukan dengan konsep ruang terbuka. Gunakan hanya 1 atau 2 anak tangga saja sebagai pembatas ruangnya sehingga hierarki ruang menjadi semakin terlihat.

Contohnya saja Anda dapat menerapkannya pada ruang keluarga. Dengan level yang lebih rendah dari ruang lainnya, fungsi ruang keluarga lebih ditonjolkan dan tentunya terkesan unik dan menarik.

  1. Pertegas fungsi ruang melalui langit-langit

Agar kesan modern lebih terlihat, Anda dapat mempertegas fungsi ruangnya melalui perubahan pada langit-langitnya. Bisa dikatakan cara yang satu ini merupakan trik visual sehingga menggambarkan zona-zona tersendiri untuk masing-masing ruangan Anda.

Anda dapat mempertegasnya dengan menambahkan efek dramatis seperti memberikan warna cat yang berbeda untuk tiap fungsi ruangan. Misalnya saja dinding kamar tidur diberikan garis cat yang berbeda dengan langitnya agar kesan tegas untuk area tidur.

Selain itu, Anda juga bisa mempertegas area makan dengan memberikan konsistensi warna pada langit-langitnya. Agar memperkuat areanya, tambahkan pula lampu gantung yang menarik sehingga efeknya bisa semakin terlihat. Selain menjadi pempertegas area ruang makan, lampu gantung juga berfungsi sebagai titik fokus, sehingga bisa langsung terlihat kalau wilayah tersebut adalah area makan.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Desain Toko Souvenir yang Menarik?

  1. Elemen struktural

Menjadikan rumah modern terlihat lebih keren yaitu dengan memberikan elemen struktural. Umumnya elemen tersebut hanya digunakan sebagai rangka maupun lantai yang tidak terlihat. Namun, beberapa tahun belakangan ini desain tersebut mulai digemari, bahkan sangat cocok diterapkan pada rumah modern.

Jika Anda ingin menonjolkan tema industrial untuk suatu ruangan, Anda bisa mengekspos balok-balok bata. Selain itu, Anda juga bisa memperlihatkan rangka-rangka bangunannya agar ruangan tersebut menjadi lebih unik dan menarik.

Jika Anda ingin menerapkannya di bagian luar ruangan atau outdoor, Anda bisa mengekspos rangkanya memakai kaca transparan. Anda yang ingin mencari pembatas yang unik tapi terlihat modern bisa memakai kantilever baja dengan bingkai transparan.

  1. Penyekat

Penyekat merupakan cara unik untuk membatasi 1 ruang dengan ruang lainnya sehingga privasi untuk masing-masing ruangan tetap terjaga. Anda dapat menerapkan penyekat yang menarik mulai dari ruang depan. Gunakan saja penyekat transparan agar pemilik rumah yang berada di bagian dalam bisa melihat siapa yang datang. Tapi kalau ingin lebih privasi lagi, Anda bisa memakai rak tinggi sebagai penyekat ruangannya. Bisa dikatakan memakai rak lebih multifungsi dan menarik.

Tapi untuk Anda yang ingin ruangannya tampak lebih modern, bisa memakai perpaduan kerangka baja dengan blok kayu sebagai pembatas ruangnya. Desain pembatas tersebut tentu membuat efek ruangan menjadi lebih keren dan dramatis.

Mengembangkan ide desain rumah yang modern sebenarnya masih sangat banyak. Anda bisa mencarinya lagi dari sumber yang lain, seperti dari mesin pencari ataupun orang yang sudah terbiasa mengurus desain rumah. Dengan menggunakan desain yang modern dan menarik, tentu Anda sebagai pemilik rumah akan merasa betah dan nyaman.