Presentasi menggunakan video presentasi animasi tentu membuat orang yang menyimaknya akan semakin tertarik untuk mengikutinya dan tidak cepat merasa bosan, sehingga tidak jarang orang yang melakukan presentasi pasti memakai fitur animasi agar semakin menarik. Salah satu program aplikasi yang sering kali dimanfaatkan membuat video presentasi animasi yaitu Power Point.

Anda dapat memanfaatkan fitur animasinya yang mudah cara penggunaannya. Bagi Anda yang masih bingung, berikut langkah-langkah memakainya.

Cara Menggunakan Fitur Animasi di Power Point

Sebelum Anda memulai membuat video presentasinya, ada baiknya kalau Anda menggunakan slide yang menarik agar semakin menunjang penampilan hasil presentasi Anda. Jika Anda sudah siap, ikuti cara-cara di bawah ini.

  1. Pilih objek yang akan diberikan animasi

Membuat video presentasi bisa Anda mulai dengan memberikan efek animasi pada objek di rencana presentasi Anda, seperti teks, gambar, shape, atau diagram di masing-masing halaman slide-nya. Setiap slide, dapat Anda pilih mana yang ingin diberikan animasi, baik itu sekaligus semuanya atau satu per satu.

Ada baiknya kalau Anda memilih efek animasi yang berbeda di tiap jenis objeknya agar terlihat lebih menarik.

  1. Pilih animasi yang sesuai

Pemilihan animasi bebas terserah Anda, tapi pilihlah yang sesuai dengan isi presentasi Anda. Langsung saja klik di tab Animations dan aktifkan tanda panah ke bawahnya. Di sana terdapat banyak pilihan efek yang bisa Anda gunakan.

  1. Tentukan durasinya

Saat Anda sudah memilih efek animasinya, terkadang waktu kemunculannya lambat atau bahkan kecepatan. Anda bisa mengaturnya sendiri dengan menentukan durasinya. Klik saja Animation Pane atau Custom Animation di tab Animation, lalu pilih objek yang ingin diganti durasinya dan klik Timing.

Anda pun juga bisa mengatur waktu delay-nya yang artinya Anda memberikan waktu keterlambatan muncul pada objek yang dipilih. Ubah saja durasinya sesuai dengan keinginan Anda. Kalau ingin lebih cepat, gantilah menjadi 0,3 atau 0,2. Jika ingin lebih lambat, naikan lagi angka durasinya.

  1. Mengatur urutan video presentasi animasi

Agar video presentasi Anda lebih terlihat profesional dan bertahap, ada baiknya Anda mengatur juga urutan animasinya. Masih berada di halaman Timing, klik objek yang ingin diurutkan, lalu pindahkan urutannya dengan klik di Move Earlier untuk urutan awal, sedangkan Move Later di urutan bawahnya.

Sangat mudah, bukan cara membuat video presentasi animasi? Kalau masih bingung, Anda bisa meminta bantuan teman atau keluarga yang lebih pintar mengoperasikannya. Setidaknya hasil presentasi Anda akan terlihat lebih menarik, sehingga orang yang melihatnya tidak akan cepat bosan.

Verdant.id Cilukba