Video animasi seringkali dijadikan pilihan karena tampilannya menarik sehingga isi yang disampaikan menjadi lebih mudah diserap. Membuat video animasi tidak harus menggunakan aplikasi, anda bisa membuatnya dengan mudah melalui web secara online. Jadi, bagaimana cara buat video animasi online tersebut?

Salah satu web paling direkomendasikan untuk membuat video animasi adalah PowToon. PowToon merupakan web yang dapat membantu anda membuat video animasi dengan mudah dan secara gratis.

Berikut ini adalah langkah-langkah buat video animasi online dengan menggunakan PowToon.

  1. Buka situs web PowToon, lalu buat akun baru agar dapat membuat video animasi. Anda dapat signup menggunakan akun Google, Facebook, ataupun akun Linkedin.
  2. Setelah itu, klik lingkaran yang mengisyaratkan bahwa Anda menginginkan pemberitahuan dari PowToon tetap masuk ke email Anda atau tidak. Jika sudah, klik Continue.
  3. Klik tombol LET’S ROCK! untuk memproses ke halaman selanjutnya.
  4. Pilih kategori video yang ingin anda buat. Beberapa template ada yang berbayar, anda dapat meng-klik More untuk melihat lebih banyak template.
  5. Setelah memilih template yang sesuai dengan keinginan Anda, mulailah mengedit video anda.
  6. Cara buat video animasi online dengan PowToon hampir mirip dengan mengedit Power Point karena tampilannya yang ber-slide dan sangat user friendly.
  7. Untuk mengedit slide, anda tinggal klik salah satu slide yang ingin diedit di sebelah kiri.
  8. Untuk mengubah dan mengedit tulisan, klik dua kali pada bagian tulisan atau dengan klik satu kali kemudian blok. Klik ikon setting dan pilih menu color untuk mengganti warna tulisan. Klik effect jika ingin menambahkan efek pada tulisan.
  9. Untuk mengganti gambar, klik gambar lalu pilih Swap dan cari gambar yang anda inginkan lalu klik gambar tersebut.
  10. Atur ukuran gambar lalu klik ikon Setting dan pilih effect untuk menambah efek pada gambar.
  11. Untuk mengganti background, anda tinggal klik ikon pengaturan di kiri atas dan ganti dengan warna yang sesuai keinginan.
  12. Untuk menyimpan video ke komputer anda, buka toogle menu sebelah kiri dan pilih My Powtoons. Setelah muncul video yang telah anda edit, klik export untuk menyimpannya.

Itulah cara buat video animasi online menggunakan PowToon. Cara tadi tentu sangat mudah bahkan jika anda belum pernah edit sama sekali, anda tidak akan kesusahan saat mengedit menggunakan PowToons.

Verdant Studio Cilukba