Cara Membuat Animasi 3D Bergerak dengan blender
Cara Membuat Animasi 3D Bergerak dengan blender dapat dilakukan dengan berbagai cara. Banyak hal yang perlu diperhatikan, berikut salah satu caranya.

Cara membuat animasi 3D bergerak dengan blender memerlukan beberapa langkah setelah anda membuka aplikasi. Blender merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk memproduksi animasi-animasi kreatif 3D dengan fitur lengkap & keren. Animasi bergerak adalah salah satu dari sekian banyak fitur yang ditawarkan Blender 3D.

Step Cara membuat animasi 3D bergerak dengan blender

Berkembangnya dunia maya menumbuhkan minat beberapa orang untuk mulai belajar membuat animasi. Anda bisa langsung menghasilkan animasi 3D yang dapat bergerak dari Blender dengan mengikuti panduan step-stepnya berikut.

  1. Unduh dan install Blender 3D ke komputer ataupun laptop terlebih dahulu jika anda belum memilikinya. Caranya dengan menelusuri search engine untuk mendapatkan aplikasi blender 3D, kemudian men-downloadnya sampai selesai. Apabila sudah terinstal, buka dan tunggu sampai muncul tampilannya.
  2. Pilih objek yang ingin digerakkan. Apabila ingin objek yang lebih menarik, anda perlu membuatnya terlebih dahulu dengan beberapa langkah sebelumnya sebelum tahap membuat objek bisa bergerak.
  3. Jika tidak punya ataupun belum membuat animasi yang ingin digerakkan, manfaatkan shape yang ada misalkan bola pejal. Kemudian, ubah warna dan tekstur menggunakan material. Selanjutnya, pilih view dan klik camera untuk mempermudah.
  4. Setelah itu, silahkan mengatur time line dengan memfungsikan LocRotScale yang berada di menu bagian bawah.
  5. Lalu, gunakan rotate untuk menggerakkan objek atau geser. Setelah itu, tambahkan saja timeline. Dari gerakan tersebut, objek yang tadinya ada di pojok kotak kerja akan sedikit bergeser ke tengah.
  6. Langkah terakhir adalah melakukan render objek dengan menekan Ctrl + F12 atau menggunakan mode animations. Anda juga dapat mencoba preview gerakannya terlebih dahulu sebelum merendernya dengan tekan tombol Atl + A.

Itulah enam langkah yang perlu dilakukan untuk menghasilkan animasi bergerak dari Blender 3D. Hanya butuh waktu singkat untuk membuat sebuah objek bisa bergerak.

Jika ingin objek yang lebih menarik seperti hewan, manusia, ataupun benda lain maka harus dibuat terlebih dahulu. Anda bisa meminta bantuan teman atau belajar secara otodidak dari tutorial untuk membuat objek 3D. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Blender dengan materi-materi yang ada pada official channelnya di Youtube : https://www.youtube.com/user/BlenderFoundation

Sumber : Cilukba, Verdant Studio