Cara Membuat Animasi dengan Blender

Blender merupakan salah satu program aplikasi yang dipakai untuk membuat animasi. Kamu yang mau membuat tugas animasi, bisa memanfaatkan aplikasi Blender, apalagi pengoperasiannya yang lebih gampang terutama untuk pemula. Buat kamu yang sedang mencari cara membuat animasi dengan Blender untuk pemula, bisa terus simak materi dasarnya di sini.

Cara Membuat Animasi dengan Blender

Sebagai contohnya, di sini akan diberikan animasi bola yang bergerak memantul.

  1. Buka aplikasi Blender

Setelah kamu membuka aplikasinya, akan langsung terlihat halaman work bench utama, seperti Render, Animation, serta Play.

  1. Tambahkan objek

Untuk membuat bola memantul, kamu harus memasukan 1 Cube yang fungsinya sebagai dinding, 1 Plane sebagai lantai, dan 1 UV Sphere sebagai bolanya. Sesuaikan ukuran ketiga objek itu sampai di ukuran yang tepat. Pastikan ketiga memiliki ukuran yang seimbang, di mana dinding lebih tinggi dan lantai lebih lebar, sedangkan bolanya bisa disesuaikan dengan keinginanmu, entah itu mau besar atau kecil.

  1. Ubah display, dimensi, dan resolusi

Kalau ukurannya sudah disesuaikan, selanjutnya kamu harus mengubah display, dimensi, resolusi, frame rate, output, dan formatnya. Agar lebih gampang mencari perkiraannya, bisa kamu lihat di bawah ini.

Display                 : Full Screen

Dimension          : HDV (1080)

Resolution          : X=720, Y=720

Frame Rate         : 24

Output                 : Tempat hasil jadinya di simpan. Kamu terserah menyimpannya di mana, asalkan gampang ditemukan agar bisa gampang mencarinya.

Format file          : AVI Raw

Semua pengaturan itu bisa kamu temukan di halaman Propeties yang ada di sebelah kanan.

  1. Membuat bola memantul

Semua display, dimensi, dan resolusi sudah selesai diubah, selanjutnya kamu perlu mengatur bolanya agar bisa memantul. Pertama-tama, kamu seleksi dulu bolanya dengan menekan tombol keyboard i dan o. Saat kamu menyeleksinya, kamu pindahkan saja garis hijau yang ada di bagian Frame. Atur sampai frame-nya menjadi 250 atau sesuai dengan keinginan kamu. Kreasikan saja pantulannya sesuai dengan imajinasi kamu.

  1. Render

Kalau sudah selesai, kamu hanya tinggal merendernya saja dengan menekan tombol keyboard Ctrl + F12. Tunggu saja beberapa menit dan jadilah hasil karya kamu yang simple.

Cukup mudah, kan mengkreasikan animasi di aplikasi Blender? Harus membutuhkan imajinasi lebih agar bisa menghasilkan kreasi animasi yang keren memakai Blender. Berlatihlah terus agar kemampuan kamu meningkat. Tidak ada salah juga kamu bertanya ke teman agar kamu bisa semakin mengerti dan mempraktekannya. Berikut kami sertakan link youtube untuk artikel ini agar lebih mudah dipraktekkan.

Sumber : Cilukba, Verdant Studio