Perkembangan dunia audio dan visual semakin mengalami kemajuan yang pesat akibat semakin banyaknya software yang memudahkan pekerjaan seorang content creator ataupun editor. Salah satu jenis karya audio visual adalah animasi. Ada beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk membuat animasi. Salah satunya adalah cara membuat animasi dengan macromedia flash. Penggunaan software ini justru hadir lebih dulu bila dibandingkan dengan penggunaan software yang lain. Karenanya, sudah ada banyak orang yang membuat animasi sederhana menggunakan software ini.

2 Cara Sederhana yang Bisa Langsung Kamu Coba

Menggunakan macromedia flash sangatlah mudah. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan piranti yang dibutuhkan. Setelah piranti tersedia, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari program macromedia flash agar pengerjaan animasi bisa semakin lancar. Ada 3 cara yang bisa kamu coba untuk membuat animasi menggunakan macromedia flash, yaitu:

  1. Frame to frame

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja macromedia flash, kamu perlu menyiapkan frame pertama di lembar kerja. Isi frame pertama menggunakan gambar sesuai dengan keinginan. Selanjutnya kamu bisa ubah gambar tersebut menjadi simbol. Tambahkan frame lain sesuai dengan keinginan. Setelah itu, kamu bisa membuat frame kunci yang kedua dengan cara yang sama seperti yang telah dijelaskan.

  1. Point to point

Point to point juga biasa disebut dengan istilah tweening. Tweening adalah munculnya suatu objek di antara dua objek lain yang ada dalam animasi. Pertama, buatlah dua objek yang akan dibuat animasi. Kemudian, klik salah satu menjadi simbol. Buat lintasan yang diinginkan dan letakkan objek di lintasan tersebut.

Animasi menjadi salah satu bentuk karya audio visual karena penggabungan kedua unsur tersebut. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan terhadap animasi yang telah kamu buat. Berikan efek suara sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Kamu juga menyunting objek animasi agar terlihat lebih indah dan layak untuk dipertontonkan ke orang lain. Tentunya dengan begitu animasinya akan lebih keren dan nyaman untuk dilihat.

Verdant Studio Cilukba