Bila membahas mengenai editing video atau pembuatan animasi 2-3 dimensi, pasti sudah tidak asing lagi dengan software After Effect. Aplikasi ini memang sering sekali digunakan oleh para ilustrator dan animator. Baik yang masih pemula hingga profesional untuk berbagai kegunaan, entah itu animasi, edit video, sampai membuat presentasi sekalipun.

Bahkan bila anda sekilas melirik berbagai lowongan atau tawaran magang desaing grafis, biasanya akan meminta pelamar untuk bisa menguasai After Effect. Maka tak heran bila menguasai cara membuat animasi di After Effect menjadi penting sekali. Setidaknya pasti selama masa jenjang sekolah hingga perguruan tinggi ada salah satu pelajaran yang meminta kalian untuk mempelajarinya, tak kalah dengan photoshop.

Menguasai Pembuatan Animasi Dasar di After Effect

Sebagai pemulaan cara membuat animasi di After Effect, mungkin supaya memahaminya lebih mudah. Kita akan memulai dengan membuat animasi sederhana dalam bentuk teks.

  1. Seperti biasa buka dulu After Effect nya
  2. Klik Composition dilanjutkan dengan New Composition (ctrl + 6)
  3. Atur tampilan seperti nama, ukuran, durasi animasi, warna background, dll sesukamu
  4. Klik tombol ikon teks dengan simbol “T” supaya bisa mengetik sebuah tulisan
  5. Klik backgroundnya lalu ketik tulisan sesuai yang diinginkan, untuk mengatur ukuran font terletak di pinggir kanan background
  6. Untuk menghasilkan animasi yang terlihat smooth bisa gunakan opacity, selain itu ada pula pilihan untuk mengedit animasi lainnya seperti scale (memperbesar/memperkecil teks) atau position (memindahkan letak objek). Selama mengatur jangan lupa perhatikan bagian keyframe karena ky penting sekali sebagia dasar animasi untuk teks tersebut.
  7. Usai menekan ikon keyframe yang opacity, geserlah pada detik ke 1, atau bebas atur peletakannya sesukamu. Pada dasarnya semakin jauh kamu menggeser keyframe maka gerak animasinya pun akan semakin lambat begitu pula sebaliknya, peletakan keyframe semakin dekat membuat animasi menjadi lebih cepat.
  8. Kamu dapat melihat hasil animasinya pada RAM Preview yang ada di pojok kanan

Verdant.id Cilukba