Cara Membuat Animasi Menggunakan Blender
Cara membuat animasi menggunakan blender ternyata tidak serumit yang anda bayangkan. Tentu saja hal tersebut tidak dapat dicapai tanpa latihan.

Cara membuat animasi menggunakan blender ternyata tidak serumit yang anda bayangkan. hal pertama yang perlu anda ketahui setelah membuka aplikasi pembuat animasi 3D adalah fungsi tools.

Cara Membuat Animasi Menggunakan Blender objek air mancur 3 Dimensi

Anda bisa mulai membuat animasi sederhana seperti air mancur dengan langkah-langkah berikut.

  1. Open aplikasi blender, klik Blender Render. Kemudian sesuaikan menjadi Cycles Render.
  2. Buat objek water container. Hapus kubus yang ada dengan menekan X, tekan Shift + A dan langsung pilih Circle di Mesh untuk menggambar lingkaran.
  3. Klik lingkaran & pilih Tab agar berubah menjadi Edit Mode. Tambahkan permukaan dengan memanfaatkan fungsi klik F. Anda bisa kembali ke Object Mode dengan menekan Tab.
  4. Tekan tombol S dan atur langsung ukurannya.
  5. Lihat menu Object Modifiers. Beberapa pilihan akan muncul, pilih saja Solidify Modifier. Lakukan pengaturan Thicknes menjadi 0,1. Setelah semua sesuai silahkan klik Apply.
  6. Pindahkan kursor ke Edit Mode kemudian Face Select. Selanjutnya klik kanan lingkaran dan klik X. Hapus permukaan atas dengan Only Face.
  7. Ubah thicknes menjadi 0.8 dengan cara seperti sebelumnya
  8. Buat cylinder tanpa tutup dan lingkaran kecil. Sesuaikan ukuran lingkaran dengan cylinder. Di sini anda sudah bisa melihat tempat air mancur.
  9. Buat water container sesuai ukuran yang anda kehendaki, ubah menjadi transparan dengan klik Z+G. Kemudian wire.
  10. Membuat air mengalir lebih mudah dengan lingkaran besar, kemudian klik physics, pilih fluid, dan ganti volume initialization & type menjadi Shell dan Obstacle. Lakukan tidakan tersebut untuk cylinder 1 dan 2. Ganti type Cylinder 2 dengan inflow.
  11. Ganti resolusi final menjadi 150 pada type domain. Preview 100, pilih penyimpanan, dan akhiri dengan klik bake.
  12. Buat dinding sesuai selera kemudian lakukan pewarnaan. Caranya dengan klik object, klik material, lalu pilih warnanya. Ganti warna air dengan surface Glass BSDF.
  13. Atur pencahayaan & render.

Namun demikian Blender merupakan aplikasi yang memiliki banyak kemampuan, dan hal tersebut perlu dipelajari. Salah satu tempat untuk mempelajari Blender ada pada official websitenya disini : https://www.blender.org/ atau kunjungi official channel mereka di youtube : https://www.youtube.com/user/BlenderFoundation

Sumber : Cilukba, Verdant Studio