Untuk membuat sebuah animasi sederhana, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan. Namun yang paling populer dan mudah digunakan bagi pemula adalah Adobe Flash. Jadi, bagaimana cara membuat animasi sederhana dengan menggunakan Adobe Flash?

Adobe Flash adalah perangkat lunak atau software untuk membuat animasi 2 dimensi dan juga gambar vektor dengan menggunakan ActionScript sebagai bahasa pemogramannya. Efek animasi ringan dan sederhana hasil Adobe Flash biasanya digunakan untuk website, video, dan sebagainya.

Ada beberapa langkah dalam cara membuat animasi sederhana menggunakan Adobe Flash. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Hal utama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa anda sudah memiliki perangkat Adobe Flash. Jika belum punya, Anda dapat mengunduh aplikasinya laku segera menginstallnya. Setelah selesai, buka Adobe Flash untuk mulai membuat animasi.
  2. Setelah terbuka, pada toolbars pilih menu File dan klik New untuk membuat file baru sehingga anda bisa proses pembuatan animasi bisa segera dimulai.
  3. Klik ActionScript kemudian klik OK.
  4. Buat sebuah objek dengan bentuk apapun yang disukai. Misalnya anda dapat membuat lingkaran dengan memilih menu toolbar yang berbentuk oval. Jika anda ingin membuat persegi, klik menu toolvar berbentuk oval tadi hingga menjadi bentuk persegi. Sedikit tips, jika ingin membuat lingkaran sempurna anda bisa menekan tombol shift pada keyboard.
  5. Perhatikan toolbar timeline di bagian atas. Terdapat bukat hitam di Frame 1, tandanya terdapat objek di frame tersebut.
  6. Klik kanan pada frame 20 (atau frame berapapun yang agak jauh) kemudian pilih Insert Keyframe. Hal tersebut berguna untuk membatasi gerakan animasi dari objek yang sudah dibuat.
  7. Setelah itu tambahkan keyframe pada layer 1 dan akan muncul garis dari frame 1 hingga ke frame 20.
  8. Mulai gerakan objek. Anda bisa menggeser atau memindah-mindahkan objek sesuai yang anda inginkan.
  9. Untuk melihat hasilnya, anda dapat menekan CTRL + Enter dan objek akan bergerak berulang-ulang sesuai perpindahan yang sudah anda buat.

Cara membuat animasi sederhana dengan Adobe Flash cocok bagi seorang pemula sekalipun. Jika sudah mahir, anda dapat mengembangkan kemampuan dengan mencoba berbagai teknik membuat animasi.

Verdant Studio Cilukba