Jika kamu memiliki banyak ide dari sebuah foto, mengapa tidak kamu gabungkan saja dua atau tiga foto menjadi satu? Ketika kamu ingin membuat sesuatu yang surreal, berbayang atau efek eksposur maka ini  adalah ide yang tepat untuk dicoba!

Efek Multiple exposure ini berasal dari fotografi analog dan kamera digital yang menawarkan efek ini. Akan tetapi, kita bisa meniru efek ini tanpa roll film ataupun kamera, ayo kita coba kreatif di Photoshop!

Membuat Double Exposure Di Photoshop

Pertama-tama bukalah foto yang akan dijadikan sebagai base untuk di edit nanti. Ketika membuka foto pertama maka akan menjadi background layer dan akan terkunci. Kamu bisa mengubahnya tapi untuk sekarang kita biarkan saja.

Duplikat fotomu dengan menekan tombol Menu > Layer > Duplicate atau klik dan drag ke tombol Create New Layer di bawah panel layer ( atau gunakan tombol shortcut Ctrl + J). sekarang kita mempunyai dua foto yang sama persis.

Tambahkan Foto Kedua

Sekarang drag dan drop foto keduanya ke dalam kanvas. Saya menyarankan kamu untuk menggunakan teknik ini dari pada copy paste karena foto ini akan menjadi Smart Object. Selain itu kamu bisa membuatnya lebih besar atau mengecilkan sebanyak yang kamu mau tanpa harus takut kehilangan kualitas gambarnya.

Cara ini akan menjadi hal yang bagus terutama ketika kamu masih membutuhkan foto yang lain untuk melihat hasil akhirnya. Kemudian klik OK dan foto tadi akan menjadi layer baru. Secara default, layernya akan berada di atas, jadi kamu tidak dapat melihat gambar lain untuk sementara, tapi itu wajar kok.

Klik lah layer yang baru saja ditambahkan, yaitu foto kedua tadi, dan drag kebawah hingga sekarang menjadi di antara dua layer yang sebelumnya sudah dibuat. Sekarang kamu akan melihat gambar pertama lagi dan gambar yang baru akan ter-hidden, jangan khawatir, kita akan memperbaikinya nanti.

Baca juga: cara Menggunakan Curve di Photoshop

Menyesuaikan Blend Mode

Layer paling atas yaitu copy dari background pertama tadi, klik lah di layer tersebut. Kini bukalah drop-down menu dari atas panel layer yang terdapat Blending Option. Kemudian pilihlah Screen Mode dan sebagai hasilnya, kamu akan melihat gabungan dari dua gambar.

Harap diingat bahwa hasilnya akan berubah secara drastis tergantung dengan warna yang terdapat di foto.

Sebagai contoh, warna hitam, maka warna tersebut tidak akan berubah ketika berpadu dengan warna putih. Tetapi jangan khawatir jika gambarmu tidak mirip seperti contoh yang saya gunakan.

Menyesuaikan  Keinginan

Hasil gambar yang kamu cari sangat jarang terwujud dengan cara ini, jadi kliklah layer yang terdapat foto keduamu, kemudian ubah-ubahlah hingga kamu merasa puas.

Kamu dapat mengubah ukurannya dengan pergi ke Menu > Edit > Transform atau dengan shortcut CTRL + T. Kemudian drag dengan Move tool dari Toolbox paling atas. Tambahkan beberapa filter dengan pergi ke Menu > Filter atau disesuaikan dengan setting dari Adjustment layers dengan mengklik tombol dari bawah panel. Sesuaikan saja hingga kamu merasa puas.

Memberi Mask Pada Bagian yang Tidak Diinginkan

Ketika kamu sudah merasa puas pada hasil akhirnya, buatlah sebuah Layer Mask dengan klik pada Add Layer Mask dibawah panel. Pastikan mask nya sudah terpilih, gunakan Brush Tool untuk memberi warna hitam pada area yang tidak ingin kamu tampilkan.

Cara kerjanya mirip dengan Eraser namu tanpa harus kehilangan kualitas pixelnya. Sebuah hal yang menarik mengenai cara kerja Mask, yaitu hanya menyembunyikan bagian yang tidak diinginkan. Jika kamu melakukan kesalahan, yang perlu kamu lakukan adalah dengan memberi warna putih untuk mengembalikannya.

Sumber: Google. Verdant.id Cilukba