Melihat banyaknya tools yang berguna pada photoshop, maka kita bisa membuat berbagai banyak ide ataupun konsep yang menarik untuk dibuat. Salah satunya adalah Gambar Pada Shape.

Membuat Sebuah Shape

Hal pertama yang kamu butuhkan adalah sebuah shape, kamu dapat membuatnya dengan mudah dari toolbox. Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik dan tahan untuk memunculkan menu untuk kamu pilih. Di menu pertama, kamu akan melihat beberapa bentuk seperti rectangle, ellipse, line, polygon dan shape tool yang bisa di kostumisasi.

Jika kamu memilih custom shape, maka akan melihat menu kedua muncul. Kamu dapat mengaksesnya di option bar yang berada di atas. Jika masih bingung, klik saja tombol yang berada di kanan dan klik All dari menu yang tadi dibuka, nanti akan muncul preset shapes. Jika download berbagai shape dari internet, kamu akan menemukannya juga di menu ini.

Untuk mulai menggambar sebuah bentuk, sebelumnya harus membuat sebuah blank canvas, lalu klik dan drag sampai terbentuk shape dengan ukuran yang kamu bisa atur. Ketika kamu ingin menggambar sebuah bentuk di kanvas mu, maka bisa memilih Fill and Stroke dari option bar.

Di contoh ini, pengisi dari bentuk tersebut bisa dari foto, nah sekarang cobalah Fill shape tersebut dengan warna hitam yang nantinya fotomu akan mengisi shape tersebut.

Menambahkan Foto

Sekarang kamu mempunyai shape yang nantinya akan di isi oleh foto. Pergilah ke Menu > File > Place. Nantinya akan terbuka browser window untuk mencari foto yang berada di komputermu. Pilihlah salah satu dan klik OK. Foto ini akan di import ke dalam projectmu sebagai layer baru seperti di lingkaran merah.

Clipping Mask

Sekarang pergilah ke Menu > Layer > Create Clipping Mask. Cara ini bisa juga dengan menekan tombol Alt + Ctrl (PC) atau Cmd (Mac) + G.

 

Jika kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah diberikan, maka seharusnya gambar berada di layer yang paling atas. Tetapi jika kamu mengerjakan project dengan layer yang banyak atau mengikuti langkah-langkah dengan urutan yang berbeda maka bisa jadi akan terjadi kesalahan.

Jika itu terjadi, maka kamu perlu melakukan step tambahan. Cobalah dengan drag dan mengatur layer gambar yang berada di layer paling atas untuk menemukan posisi yang tepat sesuai fotomu.

Verdant Cilukba