Zaman dahulu animasi belum mendapatkan tempat di hati masyarakat sebab animasi yang disajikan saat itu memang secara kualitas masih kurang baik. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh teknologi yang tersedia pada saat itu. Tetapi sekarang sudah jauh berbeda karena  perkembangan teknologi yang pesat. Sehingga cara membuat video animasi 3D terkesan sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Pembuatan video animasi sederhana saat ini sudah tidak membutuhkan perangkat mahal seperti komputer atau laptop. Cukup dengan memanfaatkan smartphone dengan basis Android atau iOS yang anda punya, anda sudah bisa membuat video animasi yang menarik untuk anak. Salah satu aplikasi yang menawarkan cara membuat video animasi 3D yang mudah adalah Animate It!.

Langkah Sederhana Membuat Animasi 3D

Animate It! Merupakan salah satu aplikasi untuk membuat video animasi 3D yang sangat mudah digunakan. Selain itu anda bisa memanfaatkan sebagian besar fitur dalam aplikasi ini secara gratis. Selain itu, aplikasi ini juga tidak menuntut kapasitas smartphone yang sangat bagus. Sehingga anda bisa dengan mudah menggunakannya.

Aplikasi ini memiliki tipe grafis yang memiliki kesamaan dengan Minecraft sebab dibuat dengan menggunakan engine Unity. Berikut beberapa langkah praktis untuk membuat video animasi dengan aplikasi ini :

  1. Langkah pertama adalah membuat file yang baru. Caranya anda hanya perlu mengklik tombol strip tiga pada pojok kiri atas layar smartphone Kemudian anda akan diminta untuk mengisi kolom judul animasi.
  2. Cara membuat video animasi 3D selanjutnya adalah melakukan penyesuaian tool animasi dari karakter yang anda pilih. Menggunakan tools tersebut anda bisa menggerakkan karakter sesuai dengan keinginan anda.
  3. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa scenes agar karakter yang anda pilih dapat bergerak. Biasanya anda akan memerlukan lebih dari 7 scenes untuk membuat gerakan karakter yang menarik.
  4. Selain itu, pastikan setiap gerakan pada scene tidak terputus. Sehingga gerakan dari satu scene ke scene berikutnya harus berurutan.
  5. Setelah selesai maka anda hanya perlu mengklik tombol save ( simpan ) di bagian kiri atas layar smartphone

Setelah anda mengikuti  cara membuat video animasi 3D sesuai langkah – langkah tersebut maka dapat dijamin anda sudah mahir membuat animasi menggunakan aplikasi Animate It!.

Verdant.id Cilukba