Objek 3D yang sudah kita buat tentu membutuhkan material dan teksturnya. Hal itu dilakukan untuk menyempurnakan penampilan objek yang telah kita buat. Kali ini Verdantakan membuat tutorialnya, namun belum termasuk environment dan pencahayaannya.

Nah, untuk permulaan kita bahas terlebih dahulu bagaimana cara menambahkan material dan teksturnya. Daripada panjang lebar dan buat penasaran, yuk langsung saja kita bahas lahkah-langkahnya.

  1. Pilih seluruh objek dengan mendrag di luar objek, kemudian pilih assign new material seperti gambar di bawah.

2. Kita pilih terlebih dahulu material yang kita ingin pakai. Sebagai contoh di sini materialnya ialah Lambert. Secara otomatis keseluruhan objek sudah memakai. Tentu saja anda bisa mengubah beberapa bagian dari objek tersebut dengan beberapa material yang berbeda.

3. Pada kolom colour seperti gambar klik sudut colour kemudian pilih file.

4. Pilih folder file seperti pada gambar dibawah.

5. Cari folder file picture untuk tekstur yang sudah anda siapkan sebelumnya, dengan format picture yang bebas disini. Bisa jpg, psd, bmp, dll.

6. Jika sudah selesai tampilan objek anda akan tetap sama seperti sebelumnya. Hal ini dikarenakan anda masih perlu untuk mengklik salah satu menu di bawah panel seperti gambar dibawah untuk memunculkan tekstur objek.

Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Verdant Cilukba