Perkembangan teknologi semakin memudahkan kehidupan manusia di semua aspek. Salah satu yang sangat terbantu dengan kehadiran teknologi adalah dunia hiburan. Manusia membutuhkan hiburan sebagai sarana rekreasi setelah banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Salah satu hiburan yang bisa diakses oleh semua orang adalah animasi. Bentuk animasi ada beragam, animasi stop motion merupakan jenis animasi yang banyak dibuat orang karena caranya yang cukup mudah. Sebelum dijelaskan beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya, berikut ini akan dijelaskan sedikit contoh animasi stop motion.

  1. Cut Out

Cut out merupakan salah satu jenis stop motion yang cukup mudah untuk dipraktekkan langsung dengan alat yang sederhana. Animasi cut out merupakan jenis animasi yang mengikuti bentuk sesuai dengan yang diinginkan. Latar belakang atau background yang bisa digunakan, yaitu berbentuk datar dan rata, mulai dari kertas, foto dan lain sebagainya.

  1. Puppet

Wayang merupakan salah satu benda yang bisa digunakan sebagai objek animasi. Hal tersebut dikarenakan puppet atau wayang bisa digunakan sebagai representasi dari berbagai macam karakter yang dibutuhkan dalam cerita yang ingin ditampilkan.

Kedua contoh animasi stop motion yang telah dijelaskan sangat mungkin dibuat dengan mudah. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang ada, proses pengerjaan akan menjadi lebih cepat.

Tahapan yang Perlu Dilakukan untuk Membuat Animasi Stop Motion

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti kamera dan tripod, objek stop motion, serta perangkat penunjang yang lain. Setelah alat siap, atur peralatan tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Tentu saja kamu perlu membuat ceritanya terlebih dahulu. Setelah semua bahan yang dibutuhkan selesai diambil gambarnya, tahap selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan tahap penyuntingan. Pada tahap ini, gambar yang telah diambil bisa disunting sedemikian rupa hingga akhirnya bisa sesuai dengan apa yang diinginkan dan diharapkan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan dalam pembuatannya. Tentu saja kamu perlu mengasah kemampuanmu di segala aspek yang dibutuhkan.

Verdant Studio Cilukba